Pages

Sabtu, 22 November 2014

Napoleon Cheese Pie


Kue-kue berukuran mungil memang sangat cocok disajikan di acara apa saja.  Sebut saja misalnya arisan, pesta perkawinan, ulang tahun, pengajian, atau sebagai teman minum teh saat bersantai di rumah pun oke.  Ukurannya yang mini membuat kita tidak cepat kenyang sehingga kita bisa mencicipi beberapa macam kue lain yang disediakan tuan rumah.  Mengambil dan meletakkan  2 – 3  macam kue-kue imut ini dalam satu piring kecil masih kelihatan sopan menurut saya.  Atau kamu bisa juga mengambil 5 – 6 macam dalam satu piring kalau cukup pede untuk gak grogi saat di pelototin sang tuan rumah dan tamu yang lain…hihihi.  Kue-kue yang dibikin mungil pun bisa bermacam-macam.  Bisa seloyang cake yang dipotong-potong kecil lalu dihias dengan siraman ganache atau buah, ada juga pie, sus, risol, puding….you name it.

Cheese pie yang saya posting kali ini juga bisa dijadikan salah satu alternative menu camilan pesta atau snack box.  Rasanya enak, perpaduan renyahnya kulit pie dan lembut serta gurihnya cheese cake.  Bisa kan ngebayanginnya? :)  So, selain fruit pie, brownie pie, pie susu dan quiche lorraine (belum kesampaian bikin ini), sekarang ada napoleon cheese pie yang bisa dimasukkan kedalam list menu snack andalan kamu….. ;) 


Ada sedikit kecelakaan waktu saya membuat pie ini.  Karena disambi telephonan, kulit pienya jadi agak sedikit kecokelatan (keasikan ngobrol sih…), yang harusnya dipanggang 10 menit kebablasan jadi 25 menit… :p, padahal itu baru di pemanggangan pertama, dan pastinya kalau saya lanjutkan memberi filling dan dipanggang lagi akan gosong jadinya.  Jadi saya bikin sekali lagi adonan kulitnya dan saat memanggang saya tunggguin di depan oven sambil sebentar-sebentar diintip melalui kaca oven…:)  Akhirnya kulit pie batch pertama itu saya bikinkan mini fruit pie…yum yumm…



Napoleon Cheese Pie
Sumber: Mbak Rika Kristiawan, yang saya lihat di blognya Mbak Afterina

Bahan:
Kulit Pie:
200 gr margarine
85 gr gula halus (saya: 50 gr tepung gula)
1 btr telur
325 gr tepung terigu

Isi:
(A). 250 gr susu cair
       4 kuning telur
       65 gr butter
       65 gr maizena
       100 gr cream cheese (saya pakai cheese spread)
       ½ sdt garam halus

(B).  4 putih telur
       100 gr gula pasir (saya pakai 60 gr)

Keju cheddar parut utnuk topping

Cara membuat:
1.   Kulit: kocok margarine, gula dan telur sampai lembut asal rata.  Masukkan terigu.  Aduk rata dengan spatula.  Giling adonan.  Cetak di cetakan pie mini yang sudah dioles tipis margarine.  Tusuk-tusuk dengan garpu.  Oven setengah matang dengan suhu 170°C selama 10 – 15 menit.
2.   Isi A: kocok butter dan kuning telur sebentar saja asal rata.  Masukkan cream cheese/ cheese spread.  Kocok rata.  Tambahkan maizena.  Aduk rata.
3.   Masukkan susu cair dan garam.  Aduk rata.  Masak di atas api sedang sambil diaduk sampai meletup-letup dan agak mengental.  Matikan api.  Sisihkan.
4.   Isi B: kocok putih telur sampai berbuih, masukkan gula sedikit-sedikit sambil dikocok sampai kaku. 
5.   Masukkan adonan isi B ke dalam adonan isi A secara bertahap.  Kocok rata.  Tuang isi ke dalam kulit pie.  Taburi dengan keju cheddar parut.  Oven dengan suhu 170°C selama ± 45 menit sampai matang. 







Senin, 10 November 2014

Ayam Kungpao


Terus terang saya belum pernah sekalipun makan ayam kungpao sebelumnya.  Mau nyobain yang di resto saya juga gak berani…heh.  Kalau sudah begini jalan satu-satunya bikin sendiri dong ya, dan biar gak kecewa dengan hasilnya resep yang dipakai juga harus dari sumber terpercaya, kan?  Nah, berbekal resep dari sajiansedap.com jadilah kemarin saya membuat ayam kungpao ini.  Ada dua resep ayam kungpao di web ini yang yang saya satukan dan jadinya seperti di bawah ini.  Kalau ada yang nanya sama gak rasanya dengan ayam kungpao yang dijual di chinese resto, ya saya gak tau, kan saya udah bilang saya belum pernah sekalipun makan ayam kungpao sebelumnya….hehe.  Tapi yang ini enak.  At least for me…:)



Ayam Kungpao

Bahan:      
500 gr dada ayam fillet, potong kotak
3 siung bawang putih, parut
1 sdt kecap asin
1 sdt merica bubuk
1 sdt kecap ikan
1 sdt minyak wijen
¼ sdt garam
1 sdm tepung maizena

½ bh bawang bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang kasar
1 potong jahe  sebesar jempol tangan, cincang kasar
15 bh cabe merah kering, potong serong
100 ml air
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
3 sdm kecap manis
1 sdt gula pasir
½ bh paprika merah, potong kotak
½ bh paprika hijau, potong kotak
2 batang daun bawang, potong agak panjang
1 sdt minyak wijen
100 gr kacang mede goreng

Cara membuat:
1.   Campur dada ayam dengan bawang putih, kecap asin, merica bubuk, kecap ikan, minyak wijen dan garam.   Campur rata sambil diremas-remas.  Tambahkan maizena.  Aduk rata.  Diamkan  ± 1 jam.
2.   Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe sampai harum.  Masukkan cabai merah keriting.  Tumis sebentar.  Masukkan potongan ayam.  Masak sampai berubah warna dan matang.  Masukkan air.  Aduk rata.  Masak sampai air meresap.
3.   Tambahkan kecap asin, saus tiram, kecap manis, dan gula pasir.  Aduk rata. 
4.   Masukkan paprika merah, paprika hijau dan daun bawang.  Masak sebentar sampai paprika agak layu.  Tambahkan minyak wijen.  Aduk rata.  Matikan api.
5.   Sajikan ayam dengan taburan kacang mede.
 





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...