Pages

Sabtu, 09 Juni 2012

Banana Cake

      Assalamualaikum Wr Wb, selamat datang di dapur-vanilla.  


Baking project yang pertama akan ku posting di dapur-vanilla adalah Banana Cake.  Kenapa...? Karena cake ini bukan cake faforit kami di rumah.  Tujuanku sebenarnya adalah bagaimana jenis cake yang satu ini bisa diterima di lidah kami. 

Sebelumnya sudah ada beberapa resep yang aku coba tapi hasilnya belum memuaskan, jadi tidak ku posting di sini.  Bisa dibilang pencarianku terhadap resep Banana Cake yang enak (paling tidak menurut kami ya..) sama dengan usaha Indiana Jones dalam menemukan harta karun.......hehehehe....... (lebay.com).  Soalnya sayang aja melihat pisang yang mulai kehitaman dan lembek berakhir di tong sampah.  Kalau akhirnya aku punya resep yang jitu dan para ‘juri’ di rumah bilang oke, kan artinya tidak ada lagi pisang yang mubazir.  Iya, kan?


Oke,segitu aja intronya.  Resep asli ada di blog ini. Seharusnya cake ini pake taburan keju atau kacang-kacangan di atasnya, tapi karena keduanya sedang tidak ada di dapurku, aku ganti dengan ganache aja.  Ini dia resepnya dengan sedikit modifikasi dari aku :


Banana Cake

Bahan:
100 gr gula pasir
5 butir telur
175 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdm kayu manis bubuk (aku 1 sdt aja)
300 gr pisang ambon, haluskan (aku pake pisang barangan)
100 gr margarin/butter, lelehkan
Keju parut/kacang untuk taburan (aku pake ganache)

Cara:
1.      Siapkan cetakan loaf (aku pake loyang 22 x 22 cm), olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Sisihkan. Panaskan oven 180°C. 
2.      Campur terigu, baking powder dan kayu manis bubuk, aduk rata. Sisihkan.
3.      Kocok gula dan telur sampai mengental, masukkan campuran tepung sambil diayak lalu masukkan pisang, aduk rata.  Terakhir masukkan margarin/butter cair, aduk rata.
4.      Tuang ke loyang.  Panggang selama ± 1 jam (aku 40-45 menit).  Keluarkan dari loyang.  Setelah dingin hias dengan ganache.

Notes:
·        Kalau takut cakenya bantat, bisa ditambahkan 1 sdt TBM.
·        Agar adonan tidak terlalu sering diaduk yang mana bisa menyebabkan cake bantat, sebelum dimasukkan ke adonan sebaiknya pisang dan butter/margarin cair dicampur terlebih dahulu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...