Pages

Sabtu, 14 Juli 2012

Oatmeal With Chocolate Chip & Nut Cookies



Ga terasa ya kurang seminggu lagi kita sampai di bulan Ramadhan.  Bulan di mana pahala dilipatgandakan, dosa-dosa diampunkan dan juga bulan diturunkannya Al-qur’an.  Semoga Allah SWT menyampaikan umur kita ke bulan penuh rahmat itu....Amiin.  

Kukis ini bukan kukis yang akan aku buat untuk Lebaran tahun ini.... Bukan...  Kukis ini aku buat minggu lalu waktu Diva (keponakanku) dan adik-adiknya (Rere dan Diaz) ke rumah waktu liburan kemarin.  Sebenarnya mereka ke rumah ga pas liburan aja, tapi tiap akhir pekan.  Makanya untuk mengantisipasi mereka kekurangan cemilan di rumah, aku selalu bikin kukis di waktu-waktu aku ga sibuk.  Kan kukis tahan lama tuh..... jadi bisa dibikin jauh-jauh hari.

Dulu (sudah agak lama sih..) aku pernah bikin kukis ini.  Seingatku dulu hasilnya melebar pada saat dioven.  Makanya pas kemarin bikin lagi aku scoopkan aja adonannya ke loyang tanpa dilebarkan lagi dengan sendok.  Tapi hasilnya cuma melebar sedikit......dikiiiiit aja. Jadinya kayak rumah kura-kura gitu...  Mungkin waktu dulu pertama kali bikin aku kelamaan mengocok butter dan gulanya.  Belajar dari situ adonan di loyang ke-2 dan seterusnya (cuma sampai 3 loyang) aku lebarkan sedikit dengan sendok. 


Nama asli kukis ini adalah Oatmeal with Raisin & Cashew Nut Cookies, tapi aku melakukan sedikit penyesuaian pada resepnya dengan alasan keterbatasan bahan dan kami yang tidak suka rasa yang terlalu manis.... Dan karena kukisku tidak mengandung kismis dan kacang mede maka namanya aku sesuaikan menjadi Oatmeal with Chocolate Chip & Nut Cookies.




Oatmeal with Chocolate Chip & Nut Cookies


Bahan:
250 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
¾ sdt baking soda
200 gr mentega  (icha: 230 gr mentega)
30 gr shortening  (icha: ga pake)
85 gr gula pasir  (icha: 65 gr)
90 gr brown sugar  (icha: 65 gr gula palem)
1 ½ btr telur  (icha: 1 btr)
2 sdt vanilla  (icha: ½ sdt vanilla bubuk)
100 gr instant oat
130 gr kismis  (icha: 100 gr cokelat chip)
100 gr kacang mede panggang, cincang kasar (icha: kacang kenari)




Cara:
1.      Campur dan ayak terigu, baking powder dan baking soda.  Sisihkan.
2.      Kocok butter, gula pasir dan gula palem sampai lembut, lalu tambahkan telur dan vanilla bubuk.  Kocok rata.
3.      Tambahkan oatmeal, cokelat chip dan kacang kenari, aduk rata.
4.      Sendokkan dengan menggunakan scoop es krim ke loyang yang sudah diolesi margarine.  Panggang dengan suhu 180ºC selama 12 – 15 menit atau sampai matang.








1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...