Pages

Minggu, 01 Juli 2012

Whole Wheat Loaf Bread


Ini bukan kali pertama aku membuat Whole Wheat Loaf Bread.  Sebelumnya ada beberapa kali percobaan tapi masih belum memuaskan.  Kebanyakan hasilnya keras dan cuma mengembang sedikit saat diproofing.  Sampai akhirnya aku menemukan blog home-baking.net ini,  yang setiap resepnya disertai gambar step by step. Hasilnya benar-benar lembut.  Perfect deh pokoknya.......

Di resep aslinya tidak menggunakan whole wheat flour 100%, tapi dicampur dengan bread flour.  Whole wheat flournya hanya 20% dari total tepung yang digunakan.  Mungkin karena itu hasil rotinya masih lembut ya.  


Karena ingin roti yang lebih sehat, aku ingin melakukan beberapa kali percobaan dengan menambah persentase tepung whole wheat-nya. Percobaan pertama aku naikkan menjadi 30% dari total tepung, dan hasil rotinya masih lembut.  Untuk percobaan kali ini jumlah whole wheat flournya aku naikkan lagi jadi 50% dari total tepung. Aku ingin tahu apakah hasil rotinya masih lembut.

Untuk resep aslinya silahkan meluncur ke blog yang aku sebutin di atas aja ya. Bagus banget lo blognya.  Ada cara pengulenan dengan tangan juga. Kalau aku minta tolong si BOSCH aja...hehehe... Resep yang di bawah ini adalah  2 ½ x  resep asli dengan sedikit penyesuaian dariku termasuk cara pembuatannya. 



 Whole Wheat Loaf Bread

Bahan
340 gr air hangat (jangan yang panas ya!)
10 gr ragi instan (icha: 1 bks ragi instan 11 gr, sayang nyisain 1 gr!)
250 gr bread flour (terigu protein tinggi)
250 gr whole wheat flour
15 gr susu bubuk
7 gr garam (icha: 4 gr)
38 gr gula pasir
25 gr butter

Cara:
1.      Campur air hangat dengan ragi, aduk rata sampai ragi larut.  Diamkan 15 menit.
2.      Masukkan ke dalam satu wadah semua sisa bahan, aduk rata.  Masukkan campuran ragi sedikit demi sedikit sampai habis.  Uleni sampai elastis.  Bulatkan adonan.  Diamkan 50-60 menit.
3.      Kempiskan adonan.  Bagi menjadi 2 bagian, lalu bulatkan lagi.  Diamkan 10 menit.
4.      Giling adonan lalu rol memanjang.  Lakukan dua kali.  Masukkan dalam  2 buah loyang ukuran 20 x 11 x 7cm yang sudah diolesi tipis dengan margarin.  Diamkan selama 50-60 menit.
5.      Oven 30 menit dengan suhu 180ºC.

Dengan perbandingan jumlah bread flour dengan whole wheat flour  50 : 50, resep ini masih menghasilkan roti yang lembut.  Percobaan berikutnya adalah dengan whole wheat flour 75%.  Kita lihat nanti bagaimana hasilnya.......

Note:
Aku masih belum mahir membuat licin permukaan rotinya.  Lihat deh gambar di bawah ini, permukaan loaf breadku kayak muffin gitu.  Gimana caranya ya?  Help !






2 komentar:

  1. Bagi adonan jadi 4 mbak, Giles pake rolling pin memanjang, gulung, ujungnya direkatkan. Letakkan berjejer

    BalasHapus
  2. Bagi adonan jadi 4 mbak, Giles pake rolling pin memanjang, gulung, ujungnya direkatkan. Letakkan berjejer

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...