Pages

Minggu, 23 September 2012

Donat Kentang



Ga banyak yang bisa saya ceritakan tentang donat kentang,  karena semua orang sudah tau,  semua orang sudah kenal, sudah pernah makan dan  semua orang suka dia….(kecuali yang sedang diet…hehehe..).  Kalau saya bisa ibaratkan dengan manusia, donat kentang itu ibarat wanita dengan kecantikan alami….(alahmak…bahasanya…)

Tapi  memang iya, kan?  Ga perlu banyak make up untuk membuat dia enak dipandang, sederhana,  humble dan teman duduk yang menyenangkan…(iiih….saya bangeeet….hueeekkk…)  Sama kayak donat kentang, ga perlu toping macam-macam untuk membuatnya enak, cukup dengan taburan gula donat atau bahkan tanpa topping sekalipun.  Donat kentang juga teman yang enak buat sarapan, snack siang, teman minum kopi atau teh di sore hari atau midnight saat kamu pengen makan sesuatu tapi bukan nasi.. 

Dari beberapa resep Donat yang pernah saya coba, resep ini yang paling enak dan empuk juga.  Resep saya ambil dari Buku Seri Makanan Favorit Donat karya Sisca Susanto.  Untuk cara pembuatannya saya lakukan seperti biasanya saya membuat roti, dan kali ini saya beri topping untuk para keponakan yang sedang ada di rumah.   Ini resepnya:


 
Donat Kentang
Sumber:  Seri Makanan Favorit Donat, Sisca Susanto

Bahan:
500 gr  tepung terigu cakra (protein tinggi)
1 bungkus (11 gr) ragi instan
100 gr gula pasir
250 gr kentang, kukus, haluskan
50 gr susu bubuk
3 butir kuning telur
100 gr mentega
100 cc air dingin
½ sdt garam
Minyak untuk menggoreng


Cara :
1.      Campur semua bahan kering (terigu, ragi, gula & susu bubuk), aduk rata.  Tambahkan kentang, kuning telur & mentega, uleni sampai kalis.  Terakhir masukkan air sedikit demi sedikit dan garam, uleni sampai elastis.  Bulatkan, taruh di baskom dan tutup dengan kain bersih dan lembab, diamkan  (proofing) selama -/+ 20 menit. (aku: 30 menit)
2.      Kempiskan adonan. Bagi dan timbang adonan masing-masing 30 gr atau sesuai selera.  Bentuk bulat, diamkan 10 menit, kempiskan lagi adonan, buat lubang ditengahnya (bisa juga dengan menggunakan cetakan donat), diamkan lagi selama 30 – 45 menit.
3.      Goreng dengan api sedang sampai kecokelatan.  Beri topping atau taburan sesuai selera.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...