Pages

Sabtu, 01 September 2012

Nastar Keju


Postingan terakhir saya kemarin kita sedang berada di awal Ramadhan dan sekarang kita sudah sampai di pertengahan Syawal, tepatnya 14 Syawal 1433 H.  Cepat sekali waktu berlalu ya….

Teman-teman apa kabar? Pasti lebaran kemarin seru sekali ya.  Sekarang pasti sedang menjalankan Puasa Syawal, kan? Insyaallah semuanya lancar…. Sebagai postingan awal setelah lebih sebulan hibernasi (he…he…he) adalah Nastar Keju.  Kue kering ini termasuk salah satu kuker yang selalu ada pada saat lebaran, cuma bentuknya aja yang beda-beda di setiap rumah.  Ada yang dibentuk bulat, lonjong, kotak (ada lo), bentuk keranjang, bahkan nastar model terbaru ada yang diberi warna-warni pelangi yang diberi nama Nastar Rainbow.  Kreasinya tak terbatas kayaknya ya….

Nastar saya kali ini adalah nastar terbaik yang pernah saya buat.  Selain karena resepnya juga karena kali ini saya benar-benar lakukan setiap instruksi pembuatannya.  Disuruh mengocok butter + gula 30 detik, saya lakukan, disuruh panggang dalam suhu rendah dan lama, saya ikuti.  Hasilnya adalah nastar yang lembut, ngeprul dan matang sampai kedalamnya.  Jangan lupa pada saat memanggang nastar diputar-putar atau dipindah-pindah posisinya supaya warnanya merata dan tidak gosong sebelah.



Nastar Keju
Sumber: Majalah Sedap


Bahan Isi
450 gr nanas, parut
125 gr gula pasir (bisa disesuaikan tergantung manis-asamnya nanas)
1/4 sdt garam
2 btr cengkeh
3 cm kayumanis
½ sdt air jeruk lemon

Bahan Kulit
150 gr mentega tawar dingin
50 gr margarin
50 gr gula tepung
¼ sdt garam
2  kuning telur
240 gr terigu protein rendah
35 gr maizena
25 gr susu bubuk
50 gr keju parut, keringkan (diangin-anginkan sampai kering)


Bahan Olesan (aduk rata)
2 kuning telur
1 sdt susu cair

Bahan taburan: 50 gr keju parut



Cara Membuat:
1.      Isi:  masak nanas sampai air meresap (berkurang).  Masukkan gula pasir, garam, cengkeh dan kayumanis.  Masak  lagi sampai kering.  Tambahkan air jeruk lemon.  Aduk rata.  Dinginkan.
2.      Kulit:  kocok mentega, margarine dan  gula tepung 30 detik.  Masukkan kuning telur, kocok rata.
3.      Tambahkan terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.  Tambahkan keju parut, aduk rata.
4.      Ambil adonan kulit, pipihkan, beri isi lalu bulatkan.  Letakkan diloyang yang dioles margarine. 
5.      Oven dengan suhu 150°C selama 25 menit sampai setengah matang.  Oleskan bahan olesan.  Tabur keju parut.  Oven lagi 20 menit sampai matang.


Oya, karena ini masih Bulan Syawal masih belum terlambat kan untuk mengucapkan Selamat Idul Fitri dan selamat menjalankan Puasa Syawal kepada seluruh Umat Islam di Indonesia dan di seluruh dunia.


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...