Pages

Selasa, 11 September 2012

Triple Choco Caramel Cake



Cake ini satu-satunya cake yang saya buat lebaran kemarin.  Bukan karena malas….wel, ada ding dikit ^_~…. tapi karena cake cokelat adalah pilihan yang paling aman buat saya dalam urusan cake.  Alasannya pertama, kemampuan saya membuat cake masih terbata-bata, kadang sukses kadang gagal.  Kedua, ilmu ngedekor cake saya apalagi, paling gampang buat saya adalah membuat ganache, kocok lalu poles-poles.  Ketiga, cake cokelat adalah cake yang disukai hampir semua orang.  Karena itulah akhirnya cake ini jadi….

Psssst…. jangan bilang siapa-siapa ya kalau sirup karamelnya ga saya buat sendiri, tapi beli jadi.  Kebetulan dikulkas ada sirup karamel instan yang  kemarin beli untuk saus pancake.   Daripada keburu kadaluarsa, mending diberdayakan.  Oya, resep di bawah ini cuma ½ dari resep aslinya.  Saya belum berani mengocok telur 10 butir sekaligus, apalagi membuat sponge cake.  Kalau sampai gagal saya gak  jamin ga bakalan nangis bombay di balik puun…hihihi…(becandaaa….saya orangnya gak gitu kok…)


 
TCCC
Source: the uceu


Bahan
5 btr telur
75 gr gula pasir
½ sdm emulsifier
70 gr tepung terigu
30 gr cokelat bubuk
40 gr DCC
50 gr butter/margarine cair

Cara Membuat
1.        Panaskan margarin sampai mencair, masukkan dcc, aduk rata sampai dcc-nya leleh, dinginkan.
2.        Kocok telur, gula dan emulsifier sampai mengembang dan kental berjejak.
3.        Masukkan tepung terigu sambil diayak.  Aduk rata dengan teknik aduk balik.
4.        Masukkan campuran margarin dan dcc cair. Aduk rata.
5.        Tuang adonan ke dalam loyang bulat diameter 20 cm yang sudah dialasi kertas roti.
6.        Oven dengan suhu ± 170°C sampai matang.
7.        Keluarkan dari loyang, dinginkan.


Chocolate Ganache
500 ml fresh cream
500 g Dark Chocolate, iris kasar
75 g butter

Cara membuat:
1.  Panaskan fresh cream dengan api kecil, matikan api.
2.  Masukan dark chocolate dan butter aduk rata.
3.  Dinginkan dan siap untuk dipergunakan.

Caramel syrup
100 g gula
50 ml air 1
100 ml air 2

Cara membuat:
1.  Panaskan gula dengan air 1 diatas api ( masak sampe menjadi caramel ).
2.  Tambahkan air 2 kedalam campuran caramel tersebut, masak dan aduk sampe caramel mencair dan tercampur rata. Matikan api, dinginkan.

Cara penyajian
1.  Siapkan cake, belah menjadi 2 bagian.
2.  Siram kedua bagian cake tersebut dengan mempergunakan simple syrup.
3.  Siram dengan menggunakan caramel syrup.
4.  Olesi bagian tengah dengan menggunakan ganache dengan ketebalan kurleb 1 cm.
5.  Tutup dengan setengah bagian lagi.
6.  Hias cake dengan ganache sesuai selera.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...