Pages

Senin, 22 Oktober 2012

Banana Crumb Muffins



Alhamdulillah…… akhirnya bisa juga update blog.  Sebelumnya ada aja halangan untuk bisa blogging lagi.  Mulai urusan pindahan yang kayak ga ada habisnya…..sampai urusan komputer yang ngambek ga mau nyala.  Tapi sekarang alhamdulillah masalahnya satu per satu sudah bisa diatasi……

Sudah lama ga baking rasanya kangen juga……Nyari peralatan tempur, ga ketemu (masih banyak kardus yang belum dibuka), yang ketemu cuma loyang muffin.  Artinya saya harus baking sesuatu yang ga mesti pake mixer nih…Pilihan yang tepat kayaknya bikin muffin… dan mesti muffin pisang, karena bahan yang ada di rumah cuma itu.

Sebenarnya saya ga begitu suka muffin, tapi bukan berarti saya benci ya…. Dalam urusan cake saya ini tipikal kebanyakan orang asia yang suka dengan jenis cake yang lembut dan moist semisal chiffon cake, japanese cheese cake, lapis surabaya dan cake-cake yang sejenis lainnya.  Sementara muffin teksturnya padat dan jadi makin padat begitu dingin dan harus dihangatkan lagi kalau ingin muffinnya moist lagi.

Sama seperti halnya pisang, muffin adalah sesuatu yang saya ingin suka.  Karena bikinnya gampang banget.  Saya sudah mencoba beberapa resep cake pisang sampai saya ketemu resep yang bisa membuat saya jadi suka pisang (belum berhasil….), dan sekarang saya ingin mencoba beberapa resep muffin yang insyaallah juga bisa membuat saya suka muffin. Karena itu  mencoba Banana Muffin ini buat saya seperti menembak burung dengan satu peluru*.  Kayak dua resep sekali kerjaan…. ^ ___ ^  dan setelah saya bikin…dan saya makan tuh muffin…..dan testimoninya apa…..?  Saya suka!!!! Meskipun ini namanya muffin, tapi teksturnya ga kayak muffin yang padat itu…..yamg ini lebih mirip cake yang dibuat dengan metode butter cake (butter & gula dikocok lebih dulu), meskipun cara membuatnya tetap sama seperti membuat muffin pada umunya alias metode cemplang-cemplung dan plusnya lagi muffin ini tidak mengeras saat dingin…. Lihat deh tekstur muffinnya di gambar di bawah ini….menggoda banget kan….. 


Banana Crumb Muffins 
Sumber : allrecipes 




Bahan
1 ½ cup (170 gr) all-purpose flour (saya pake terigu biasa)
1 tsp baking powder
1 tsp baking soda
½ tsp salt (saya cuma pake ¼ sdt)
3 bananas, haluskan (saya pake pisang ambon)
¾ cup sugar (170 gr) (saya cuma pake 130 gr)
1 egg, kocok lepas
1/3 cup (75 gr) butter, lelehkan 

Crumb Topping 
1/3 cup (65 gr) brown sugar (saya pake gula palem) 
2 tbsp all-purpose flour
1/8 tsp cinnamon
1 tbsp butter



Cara
1.    Crumb topping: Campur semua bahan dan aduk sampai berbutir-butir.  Sisihkan.
2.    Campur dan ayak tepung terigu, baking soda dan baking powder.  Sisihkan.
3.    Di wadah lain campur pisang, gula, telur dan mentega leleh.  Aduk rata.  Tuang campuran pisang ke dalam campuran terigu, aduk rata hanya sampai adonan moist, jangan terlalu lama mengaduknya.
4.    Tuang adonan ke dalam loyang muffin besar.  Taburi atasnya dengan bahan crumb.  Panggang dengan suhu 190°C selama 20 menit.

Hasil: 8 bh muffin besar.




*   Tidak ada satu ekor pun burung yang terluka dalam proses pembuatan muffin     ini….hehehe ^___^




  

6 komentar:

  1. ih muffinnya bisa menjulang tinggi gitu mbak, cantik lho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, mbak Rina. Itu juga setelah baca 'tips n tricks sukses membuat muffin' selama 2 hari....xixixi.

      Di situ disebutin cup muffinnnya harus diisi sampai penuh (bukan 3/4 penuh) untuk memdapatkan muffin yang 'mountain high'. Baru tau saya. Telat banget ya.... Makasih ya sudah mampir.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Ayo dicoba, mbak Arik....:) Makasih sudah mampir ya....

      Hapus
  3. assalammualaikum wwb...
    muffinya udh saia coba mba...
    enakkk...bener teksturnya moist dan lembut ya mba.
    aku ijin copas ya mbak.... syukrannnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, Mbak Mimie. Alhamdulillah kalau sudah coba & suka. Kalo gitu selera cake kita sama dong ya! Penyuka cake halus, lembut & moist :) Silahkan dicopas resepnya. Terimakasih sudah berkunjung.... (kayak spg ya kata penutupnya....heheh)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...