Pages

Senin, 29 Oktober 2012

Beef Burger Homemade



Sebelum lebaran kurban kemarin para keponakan sudah pada request minta dibikinin burger… Jadi, bikin burger lah saya Idul Adha kemarin.

Roti burger yang enak menurut saya adalah roti yang teksturnya sudah agak padat, bukan keras ya…. Kira-kira seperti tekstur roti yang umurnya sudah 2 atau 3 hari gitu.  Padat tapi masih lembut.  Karena itu saya membuat rotinya 2 hari sebelum hari H Idul Adha.

Kalau untuk daging burgernya, saya kukus terlebih dahulu sebelum ditumis di teflon atau digrill….  Sebenarnya bisa aja adonan mentahnya langsung digrill, tapi ga praktis menurut saya.  Kalau dikukus dulu kan artinya daging burgernya sudah matang dan bisa disimpan di freezer.  Dengan begitu kita bisa bikin banyak sekaligus dan hanya tinggal dipanggang atau ditumis di teflon sebentar begitu akan dihidangkan. Daging burger yang di freezer bisa tahan 1 minggu.  Oya, untuk resep daging burgernya saya lupa sumbernya dari mana, karena sudah lama saya salin ke buku.  Siapa pun yang punya saya minta ijin coba dan share resepnya ya….




Beef Burger


 Bahan

Roti Burger 
1 btr telur, kocok lepas
Wijen secukupnya untuk taburan di atas roti 

Daging Burger 
500 gr daging sapi giling
100 gr tepung roti
1 btr telur, kocok lepas
1 bh bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt pala bubuk
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk 

Pelengkap 
Telur dadar
Tomat
Selada
Saus tomat dan saus sambal


Cara
1.    Roti Burger: Buat roti seperti pada resep Whole Wheat Loaf Bread.  Timbang adonan masing-masing 35 gr, bulatkan dan diamkan selama 10 menit.
2.    Kempiskan adonan, bulatkan lagi, taruh di loyang yang sudah dioles tipis dengan margarin.  Diamkan selama 60 menit.
3.    Oles permukaan adonan roti dengan telur lalu taburi wijen, oven dengan suhu 200°C selama 20 menit.
4.    Daging Burger: Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan  harum.  Campur jadi satu dengan daging giling, tepung roti, telur, pala, merica dan garam.  Aduk rata.  Timbang masing-masing seberat 50 gr. Bentuk bulat pipih.  Kukus selama 30 menit.  Panaskan margarin, tumis daging sampai kecokelatan.
5.    Sajikan burger dengan bahan pelengkap.




 
 

2 komentar:

  1. icha, pake resep ini dpt berapa pcs roti n patty nya?

    BalasHapus
  2. Maaf, San. Kemarin lupa ngitungnya.....hehehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...