Pages

Rabu, 21 November 2012

Oatmeal Raisin Cookies



Saya baking cookies biasanya kalo pas mau lebaran aja atau untuk para cookie monster yang sering datang ke rumah pada waktu yang tak terduga  (para keponakan maksudnya…).  Apalagi sejak pindahan rumah yang kebetulan dekat dengan Madrasah tempat si Diva mengaji, hampir setiap hari mereka datang ke rumah.  Mereka paling suka dengan cookies semacam goodtime gitu.  Yang ada cokelatnya dan crunchy.  Karena alasan itulah saya rasa mereka tidak suka dengan cookies ini.  Tapi memang sih saya buat cookies ini bukan untuk mereka, tapi untuk saya.  Pengen ngemil ceritanya, tapi maunya yang ada seratnya juga.

Sama dengan keponakan saya, dulu saya berpendapat kalo cookies yang enak itu harus crunchy. Ada kriuk-kriuknya kalo dikunyah.  Kecuali sagu keju dan nastar tentunya…. Jadi, waktu googling resep oatmeal cookies yang ada testimoni crunchy-nya, rata-rata oatmealnya sedikit dan gulanya banyak.  Cari terus dong ya….resep yang pake banyak oatmealnya. Ketemu banyak sih….tapi dengan testimoni cookiesnya soft and chewy.  Cookies teksturnya soft n chewy…?  Apa iya enak? Apa jadinya gak kayak cookies yang sudah ‘masuk angin’ ?  Coba gak ya…?  Tapi kalo saya gak coba saya gak bakalan tau cookies ini enak ato gak, gak bakalan tau saya suka ato gak sama cookies yang soft n chewy. Akhirnya saya putuskan saya bikin nih cookies.  At least once….


Karena resep cookies ini saya dapatkan dari blognya orang luar (barat), sudah bisa ditebak gulanya sangat banyak. Karena itu saya kurangi gulanya lebih dari setengahnya.  Itu juga sudah manis kok….  Setelah cookiesnya matang…..saya cicipi cookiesnya….and you know what?  Saya suka….teksturnya mirip Soyjoy.  Demi untuk makan makanan yang berserat, resep ini layak coba.  Lebih enak mengkonsumsi oatmeal dengan cara begini daripada cuma dibikin bubur…Keinginan ngemil terpenuhi dan pada saat yang sama asupan serat tercukupi…(iiih…kata-katanya kayak tagline cemilan diet yach… :-) )  Baca deh resep di bawah ini, dan lihat perbandingan tepung dan oatmealnnya.  Lebih banyak oatmealnya, kan? 

Oya,untuk wheat germ-nya, saya gak tau itu apa dan saya juga gak tau apa ada yang jual wheat germ di Medan.  Jadinya saya ganti dengan oatmeal aja.  Cara membuatnya juga saya translate sebisanya saya aja dan saya sesuaikan dengan urutan saat saya membuatnya......Selamat mencoba.



 Oatmeal Raisin Cookies 
Sumber : Tastefoodblog



Bahan
1 cup (225 gr) unsalted butter (saya pake salted butter)
1 ¾ cup (350 gr) brown sugar (saya pake 150 gr gula palem)
1 large egg
2 tsp vanilla extract (saya pake 1 sdt vanilla bubuk)
½ cup (60 gr) flour
1 tsp cinnamon powder
1 tsp baking soda
½ tsp salt (tidak perlu kalau butter yang dipake salted)
3 cups oatmeal
½ cup wheat germ (saya ganti dengan oatmeal)
1 ½ cup raisin (± 200 gr)


Cara Membuat
1.    Campur dan ayak terigu, kayumanis bubuk, baking soda dan garam.  Sisihkan.
2.    Kocok mentega bersama gula, telur dan vanilla bubuk sampai lembut.  Masukkan campuran tepung, kocok rata.  Tambahkan oatmeal dan raisin, aduk rata.  Simpan sebentar dikulkas (minimal 30 menit).
3.    Keluarkan adonan dari kulkas.  Sendokkan/scoopkan ke loyang yang sudah dioles margarin.  Jangan lupa beri jarak, karena kukis ini melebar saat dioven.  Panggang dengan suhu 190°C selama 12 – 14 menit (saya: 15 menit) sampai matang.
 



12 komentar:

  1. Mau nanya, mbak... 3 cups oatmeal +1/2 cup what germ (yg diganti oatmeal), kalau dikonversi ke gram jadi berapa ya? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu waktu bikin memang oatmealnya main ambil pake mangkuk aja, jadi lupa ditimbang... :) Oke, tadi saya timbang oatmealnya (3 1/2 cups) lebih kurang 290 gr, mbak. Happy baking ! Thanks ya udah mampir :)

      Hapus
  2. assalamu'alaikum.. apa kabar mbak lisa..
    mbak aku mau tanya ini rasanya bener" miripkah dengan soyjoy? tekstur dan rasanyanya mirip banget? soalnya aku sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bgd sm soyjoy hehe.. makasih mbak sblmny..

    BalasHapus
  3. Wa'alaikumsalam, Mbak Zie. Sori ya, baru jawab :) Mirip gak ya rasanya dengan soyjoy (hmmmm......coba mengingat-ingat, dah lama gak makan soyjoy soalnya ...hehehe) Kayaknya dari segi rasa gak mirip soyjoy deh, tapi teksturnya yang mirip, soft & chewy gitu. Saya juga suka soyjoy, tapi kecil banget ya ukurannya. Kalau makan satu gak cukup....:) Makasih juga ya, Mbak Zie udah mampir...:)

    BalasHapus
  4. hi, ini cookies nya tahan berapa lama kalau ga di kulkasin?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cookies gak perlu disimpan di kulkas, mbak. Asalkan pakai bahan yang mutunya baik (masih jauh tanggal kadaluarsanya), dan disimpan di wadah tertutup rapat, insya Allah tahan lama, kok. Apalagi kalau gak dimakan...hehehe

      Hapus
  5. Hi mba... Itu kocong mentega dan gula hrs smp ngembang dl trs baru masuki telur dll atau dikocok bareng semua ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngocoknya semua sekaligus, mbak. Sebentar aja sampai semuanya tercampur rata. Kalau mau dikocok butter + gulanya dulu juga bisa. Jangan lupa pakai butter dingin dr kulkas.

      Hapus
  6. Hai mba lisa, aku sudah coba resepnya dan enakkkkk bangetttt. Sedikit ada modifikasi tp tidak merubah rasa ataupun tekstur. Terima kasih atas resepnya, keep baking ! ☺ -presty-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Mbak Presty :) Enak kan, ya? Aku juga suka banget ini. Keep baking to you too ;)

      Hapus
  7. Mba terima kasih atas resepnyaa ..
    Ternyaata enak sekali mba cookiesnyaa ..
    Maknyoosss

    BalasHapus
  8. shoffwatunnida11 Juni 2016 04.34

    good recipe..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...