Pages

Minggu, 11 November 2012

Puding Cokelat Vla Kopi



Saya punya dua buah buku resep tentang puding.  Dua-duanya berisi resep dengan gambar yang keren dan menggiurkan bangeeet…dan pada saat saya baca secara seksama instruksinya, ternyata cara buatnya rumit bangeeet…. Paling ga menurut saya yang biasa bikin puding dengan metode cemplungin semua.  Di dalamnya ada resep puding dengan banyak layer dengan bermacam warna dan rasa, ada yang layernya dikombinasi dengan cake, ada juga puding busa yang pake putih telur itu, dll.

Awalnya saya pikir bikin puding itu gampang.  Tapi setelah saya baca buku puding itu saya jadi tau ternyata bikin puding butuh trik khusus dan kesabaran untuk mendapatkan puding yang enak dilihat dan pastinya enak juga rasanya.  Kesabaran saya belum cukup banyak untuk bisa membuat puding-puding cantik itu.  Saya baru mahir membuat puding cokelat vla kopi ini.  Membuatnya gampang, enak, dan bisa juga cantik kok……



Puding Cokelat Vla Kopi


Bahan 
1 bks agar-agar bubuk
15 gr cokelat bubuk
900 ml susu cair
100 gr gula pasir
100 gr dark cooking chocolate, potong kecil-kecil 

Vla Kopi 
400 ml susu cair
50 gr gula pasir
3 sdt kopi instan (bisa yang rasa moka, espresso, latte. Sesuai selera deh…)
1 ½ sdm tepung maizena


Cara Membuat
1.    Puding : Campur semua bahan kecuali dark cooking chocolate.  Aduk rata sampai semuanya larut.  Masak dengan api sedang sampai agak hangat lalu masukkan DCC, aduk-aduk sampai cokelatnya meleleh dan larut dan aduk terus sampai meletup-letup.  Tuang ke cetakan puding.  Biarkan dingin.
2.    Vla Kopi : Campur semua bahan, masak sampai adonan kental dan meletup-letup.  Dinginkan.
3.    Sajikan puding cokelat dengan diguyur saus kopi.  

Tips : Agar saus tidak berkulit, begitu dituang ke wadah saat masih panas, langsung tutupi dengan selembar plastik sampai menyentuh permukaan vla/saus. 





2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Itu vla kopinya dari sari kopi hasil mesin pembuat kopi kira-kira rasanya masih enak nggak ya gan? :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...