Pages

Minggu, 25 November 2012

Roti Sisir Kentang & Isi Cokelat



Kalau ingin membuat roti saya selalu mencari waktu  yang lumayan lapang.  Biasanya pas hari libur atau weekend dan kebetulan saya sedang tidak ada acara keluar rumah.  Hampir selalu setiap membuat roti saya menggunakan resep yang berbeda.  Sekalian mencoba resep-resep baru maksudnya….Kadang berhasil dan kadang gagal.  Salah satu percobaan roti saya yang berhasil dan sering saya buat adalah donat kentang.  Yang pernah mencoba donat kentang pasti tau kalau roti yang satu ini memang enak dan addicted….:-) (paling gak menurut saya). 

Kebetulan karena ingin ikut event nccbreadweek, saya berniat membuat roti dengan resep baru yang sudah lama saya taksir pengen bikin.  Resepnya saya ambil dari buku ‘Variasi Roti Lezat & Cantik 2’ keluaran Sedap.  Selain ada penambahan kentang, cairan yang dipakai di resep ini bukan air atau susu cair biasa, tapi susu evaporated.  Membayangkannya saja saya sudah tau bakal enak.


Saya gak tau bagaimana adonan mentah roti ini seharusnya, tapi punya saya sangat…saya gak tau menyebutkannya apa, lembut atau lembek…tapi Alhamdulillah tidak lengket ditangan dan masih bisa terhandle.  Apa mungkin karena ini pake susu evaporated atau saya yang kebablasan menuangkan susunya…?  Padahal di buku disarankan untuk menambahkan susunya sedikit-sedikit karena kandungan air pada kentang berbeda-beda.  Mungkin next time saya patuhi sarannya ya…. :-)

Pada saat rotinya dioven baunya harum sekali.  Jadinya dapur saya seharum pabrik roti….dan seperti yang saya bayangkan, rotinya memang enak dan gurih.  Sebagian adonan saya buat roti sisir seperti pada resep, dan sebagian lagi saya isi cokelat dan diberi toping keju.  Mmmm…sedaaap…   




Roti Sisir Kentang
Sumber : Variasi Roti Lezat Dan Cantik 2 by Sedap


Bahan
400 gr tepung terigu protein tingi
200 gr kentang kukus, haluskan
2 sdt (6 gr) ragi instan
75 gr gula pasir
2 kuning telur
150 ml susu evaporated
75 gr margarine
1 sdt garam (saya pake cuma ½ sdt)
2 sdm susu evaporated untuk olesan
25 gr gula pasir kasar untuk taburan

Cara membuat:
1.    Campur tepung terigu, kentang, ragi dan gula pasir sampai rata.
2.    Tambahkan kuning telur dan susu evaporated sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
3.    Masukkan margarine dan garam.  Uleni sampai elastis.  Diamkan 30 menit.
4.    Kempiskan adonan.  Timbang masing-masing 25 gr.  Bulatkan.  Diamkan 10 menit.  Pipihkan, bentuk oval.
5.    Letakkan di loyang roti sisir (saya pake loyang brownies) yang sudah dioles dengan margarine.  Diamkan 90 menit sampai mengembang.  Oles dengan susu evaporated lalu taburi dengan gula pasir kasar.
6.    Oven 25 menit dengan suhu 190°C.

Saran pakar (dari buku)
Menuang susu ke dalam adonan roti sebaiknya sedikit-sedikitkarena kandungan air pada kentang berbeda-beda.  Bila menggunakan kentang yang kandungan airnya banyak, susu yang dibutuhkan tidak banyak (kurang dari 150 ml).
 



5 komentar:

  1. belum pernah nyoba resep yang pake kentang...
    masuk list ini sist ...^_^
    thanks for sharing...
    salam dr kota dumai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil rotinya lembut lho mbak, gurih dan harum juga meskipun gak pake butter. Ini kali pertama saya pake susu evaporated untuk cairannya. Lebih enak ternyata....

      Terimakasih mbak Mimie sudah mampir. Salam balik dari Medan.... :-D

      Hapus
  2. Waaaaaah...mantap rotinya mbak, kelihatan super lembut!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Hesti. Alhamdulillah pertama kali coba resep ini langsung berhasil. Biasanya aku butuh 2-3 kali bikin baru berhasil....hihihi. Thanks to mbak Hesti yang suka ngasih tps n tricks membuat roti diblognya. Sebagian aku belajar dari situ lho...:-)

      Thanks ya mbak sudah mampir.... :-D

      Hapus
  3. emm yummy.... nikmat kayaknya rasa rotinya.
    ikutan LOMBA RESEP ROTI SISIR yuk

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...