Pages

Senin, 03 Desember 2012

Banana Yogurt Bread



Akhirnya ketemu juga resep banana cake yang saya suka.  Dari banyak resep banana cake yang saya coba, baik yang saya posting di blog ini maupun yang tidak (karena tidak berhasil), ada dua yang saya suka.  Banana Crumb Muffin dan Banana Yogurt Bread ini.  Tapi diantara kedua ini yang paling saya suka adalah yang terakhir.  Teksturnya seperti butter cake, tapi lembut dan moist.  Moistnya bukan yang sampai basah gitu ya, tapi moist saja…titik!  Saya suka yang seperti ini.

Jadi kalau teman cuma punya sedikit waktu dan sedang pengen bikin banana cake, silakan coba Banana Crumb Muffin, dan buat yang punya cukup banyak waktu buatlah Banana Yogurt Bread ini.  Keduanya sama enaknya.   Silakan coba, siapa tau ini jadi banana cake favorit kamu juga…:-)

Resepnya dari blog keren ini ya…dan saya tulis ulang di bawah ini tapi saya buat seperti biasa saya membuat butter cake.



Banana Yogurt Bread


Bahan
½ cup (115 gr) butter
1 cup (225 gr) sugar (saya cuma pakai 150 gr)
2 eggs
1 ½ cup (170 gr) all purpose flour (saya pake tepung segitiga biru)
1 tsp baking powder
½ tsp baking soda
1 tsp salt (saya pake ¼ sdt saja)
2 ripe bananas (mashed) (saya pake 3 buah pisang barangan)
½ cup (125 ml) greek yogurt  (saya pake yogurt plain biasa)
½ cup semi sweet dark chocolate, chop (saya ganti dengan keju)


Cara membuat
1.    Kocok butter dan gula sampai lembut dan pucat.  Tambahkan telur satu per satu, kocok rata.  Tambahkan yogurt dan pisang, kocok rata.
2.    Masukkan terigu, baking powder, baking soda dan garam yang sudah diayak.  Kocok rata.  Tambahkan DCC (saya: keju), aduk rata.
3.    Tuang di loyang loaf.  Oven dengan suhu 175°C selama ±1 jam.







10 komentar:

  1. cha, dcc nya ga kliatan ya, diparut halus kah atau lupa masukin..hihi. #penasaran
    love the pic, it's always good

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zusan, my dear friend.... Cake ini memang gak pake cokelat. Ini banana bread,say. Hayooo....OOT nih... :-)

      Hapus
    2. Sorry, baru liat lagi komennya & baru nyadar kalo aku memang mencantumkan dcc di resep...hehehe :-P Aku kemarin gak pake dcc, say. Aku ganti dengan keju, makanya cokelatnya gak keliatan ya.. :)

      Hapus
  2. Kak icha, mau tanya banyak nih hehe..
    1. Itu yoghurtnya 1/2 cup di resep, kak icha pake yoghurt merk apa+yg berapa mL isinya?
    2. Trus pake loyang loaf ukuran brp? Daku punya yg ukurannya paling panjang mungkin 30 cm beli d TBK Lena d Pringgan. Itu kegedean gak ya..
    Makasi sebelumnya y kak icha.. :)
    #ganti panggilan
    pengen bikin roti ini. Kok dari penampilannya keliatan lembuuuutt bangeet. Udah lama di-bookmark. Hehe.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, kita jawab satu-satu ya...
      1. 1/2 cup = 125 ml (kurang lebih). Kemarin kakak pake merk biokul yg plain. Tapi merk apa aja bisa, kok.
      2. Loyang yg kakak pake ukuran 25 x 9 x 7,5 cm. Cuma dapat 1 loyang. Kalo gak ada loyang yg ukurannya sama dengan resep, coba pake loyang muffin aja, Ayu. Jangan lupa dikurangi waktu memanggangnya jadi 20 - 30 menit saja dan suhunya naikkan menjadi 180 derajat celcius. Jangan lupa tes tusuk ya dan lihat warna cakenya. Jangan sampai gosong :) Buruan dicoba, Ayu. Cake ini emang lembut banget, tipikal cake yang pake yogurt lah.

      Hapus
  3. Siip... ^_^d
    makasi banyak kak atas jawabannya

    BalasHapus
  4. ijin contek resep, kalo boleh tau mancampur banananya setelah yogurt atau gimana makasih..

    BalasHapus
  5. Uppps! Kelupaan banananya :p Itu diatas sudah saya benerin ya mbak. Banananya dimasukin setelah yogurt. Thanks atas koreksinya...

    BalasHapus
  6. Mba lisa, salam kenal mau tanya ya. Kalo pisang nya pake pisang ambon 3 buah atau 4 buah, kira2 hasilnya akan ttp sbagus pake pisang berangan ga ya mba?takutnya malah trlalu basah gitu tp jg pngen yg trasa pisangnya hehe... tertarik ni sm resepnya kyknya simple dan enak bngt ya mba.
    trima kasih_marlina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Mbak Marlina :) Begini, pisang ambon itu kan lebih gede ya dibanding dengan pisang barangan, kalau mbak mau konversi 3 buah pisang barangan dengan pisang ambon gunakan 2 buah aja seperti di resep asalnya, karena kalau kebanyakn takutnya adonan jadi berat dan gak ngembang dan hasilnya akan terlalu basah seperti yg mbak bilang. Cake ini aja sudah lumayan lembab lho, mbak. Kecuali mbak marlina suka tekstur cake pisang yang padat dan basah. Supaya harum pisangnya nendang gunakan pisang yg overribe atau sudah sangat matang (kulitnya sudah kehitaman), tapi jangan sampai busuk, ya....hihihi. Menurut saya lebih harum pisang ambon dibandingkan pisang barangan, mbak. Pastinya lebih enak cakenya. Ini saya pakai pisang barangan karena di tempat saya susah nyari pisang ambon...:) Good luck, ya....!

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...