Pages

Jumat, 28 Desember 2012

Chilled Blueberry Yogurt Cheesecake



Oke, hari ini kita quick update aja ya….  Sayanya mau pergi liburan nih….;-)   Ini dia cake yang saya buat bersama dengan Lasagna hari sabtu kemarin.  Pertama kalinya saya membuat cake berbahan gelatin dan pertama kalinya juga saya makan unbaked cheesecake.  Bukannya karena disini gak ada bakery yang jual unbaked cheesecake, tapi karena saya meragukan kehalalan gelatin yang dipakai oleh si pemilik bakery.  Kalau bikin sendiri saya lebih yakin.  Alhamdulillah percobaan pertama langsung sukses…. Sukses membuatnya dan sukses juga menghabiskannya alias enakkk…:-D

Resep yang saya pakai didapat dari blognya Kak Azlita.  Karena loyang ring yang saya punya ukuran diameter 20 cm, jadinya resep saya  double dan cara membuatnya saya tuliskan sesuai urutan saat saya membuat.  Oya, toppingnya juga saya buat sendiri dengan campuran selai blueberry + air.  Berikut ini resepnya…




Chilled Blueberry Yogurt Cheesecake


Bahan

Base (crust)
200 gr oreo, buang fillingnya
90 gr butter, cairkan

Adonan Yogurt Cheese
250 gr cream cheese, suhu ruang
274 gr yogurt rasa blueberry
60 gr gula kastor
160 gr blueberry filling
250 gr whipped cream, kocok sampai soft peak
1 sdm + 1 sdt gelatin
4 sdm air hangat


Cara membuat
1.    Tuang gelatin kedalam wadah yang berisi 4 sdm air hangat.  Sisihkan.  Biarkan gelatin menyerap airnya.
2.    Sediakan loyang ring diameter 20 cm, alasi bawahnya dengan alumunium foil, taruh di loyang yang lebih besar.  Sisihkan.
3.    Haluskan oreo, campur dengan mentega cair, aduk rata.  Tuang ke loyang ring, tekan-tekan hingga padat.  Simpan sebentar di kulkas.
4.    Tim campuran gelatin sambil diaduk-aduk sampai gelatin larut semuanya.  Biarkan hangat.
5.    Dalam wadah lain, kocok cream cheese, gula dan blueberry filling sampai rata.  Tambahkan yogurt, kcok lagi sampai rata.  Masukkan gelatin, kocok perlahan dengan speed rendah sampai rata.  Matikan mixer.
6.    Tambahkan whipped cream, aduk rata dengan spatula.  Pastikan whipped cream tidak bersuhu dingin kulkas ketika ditambahkan ke adonan cheese, supaya adonan tidak keburu mengental dan bergumpal.  Ingat…. ada gelatin di dalamnya!
7.    Tuang adonan  ke loyang yang berisi oreo.  Ratakan.  Simpan di kulkas sampai set minimal 4 jam.
8.    Topping blueberry: panaskan 150 gr selai blueberry + 8 sdm air sambil diaduk-aduk sampai selai larut dan sedikit mengental.  Tuang di atas cake.  Ratakan.  Bekukan lagi di kulkas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...