Pages

Selasa, 11 Desember 2012

Galantin



Satu bulan yang lalu saya diundang  temen untuk ikutan Latbar (latihan bareng) NCC, meskipun saya bukan bakul kue…..belum… ;-)  Saya memang punya niat untuk menseriusi hoby baking saya, dan ingin tau akhirnya itu akan membawa saya kemana.  Ketemu dan ngobrol dengan orang-orang yang punya hobi yang sama adalah suatu yang menyenangkan.  Apalagi mereka gak pelit ilmu.  Semua pertanyaan dijawab (kebanyakan dari saya…heheh…).  Mulai dari tips n triks membuat sponge cake yang saya selalu deg-degan tiap membuatnya, cara menentukan harga jual, dimana TBK yang lengkap dan ramah orangnya,dll.  Meski mereka bakul kue rumahan, tapi ada lho yang resep nasi gorengnya sampai diikutlombakan ke Thailand, ada juga yang usaha cake & pancake durian-nya diliput salah satu stasiun tv.  Pokoknya orang-orang terkenal lah mereka….Mudah-muadahan saya ikut sukses & terkenal kayak mereka ya…. (ngareeep… :-) )

Saya belum cerita ya latbarnya tentang apa?  Jadi latbarnya itu bikin ayam kodok.  Dari dulu saya sudah pengen bikin nih ayam.  Udah lihat step by step-nya sampai nonton youtube-nya berkali-kali, masih aja gak berani bikin.  Lalu kemarin itu saya lihat langsung gimana cara menguliti si ayam, gimana supaya kulit ayamnya gak robek, trus cara mengisi ayamnya lagi dengan daging cincang,dst.  Ternyata benar perkiraan saya…. bikin ayam kodok gak seindah di gambar step by step dan youtube-nya. Banyak tips n triks-nya.  Gak susah sih….cuma butuh sabar dan ketelitian aja.  Suatu hari saya bakal bikin….kalau kesabaran & ketelitian saya sudah ngumpul banyak….. hehehe… ;-)


Gak bikin ayam kodok, kemarin saya bikin galantin aja.  Secara rasa sih mirip, karena bumbunya juga hampir sama.  Cuma galanti kan gak dimasukin kedalam kulit ayam.  Resep yang saya pake dari sajiansedap (dengan penambahan & pengurangan sesuai dengan selera saya) dan saya bikin double sekalian bagi-bagi ke tetangga.  Di bawah ini adalah resep yang sudah saya double-kan.



Galantin


Bahan
500 gr daging sapi giling
200 gr daging ayam giling
6 lembar roti tawar
100 ml susu cair
1 bh bawang bombay, cincang halus
2 sdm bawang merah goreng, haluskan
4 sdm kecap inggris
3 btr telur, kocok lepas
1 ½ sdt garam
2 sdt merica bubuk
2 sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir
60 gr keju cheddar parut
Margarin untuk menumis

Saus
4 siung bawang putih, cincang halus
1 bh bawang bombay, iris panjang (saya pake yang ukuran sedang saja)
2 sdm kecap inggris
8 sdm saus tomat
3 sdm kecap manis
600 ml air kaldu sapi
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdt merica hitam butiran, sangrai, haluskan (tambahan dari saya)
4 sdt maizena + 4 sdt air, larutkan
100 gr kacang polong (gak pake)
Margarin untuk menumis

Pelengkap:  Kentang goreng, daun selada, wortel & buncis rebus (saya cuma pake bunga kol, wortel & buncis kukus)


Cara membuatnya:
1.    Galantin:  rendam roti tawar dalam susu.  Lumatkan.  Sisihkan.
2.    Aduk rata semua bahan galantine.  Bungkus dengan aluminium foil, bentuk bulat panjang/log dengan diameter 4 cm.
3.    Kukus 35 menit sampai matang dengan api sedang. 
4.    Panaskan margarine.  Tumis galantine sampai kecokelatan.
5.    Saus:  panaskan margarine.  Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.  Tambahkan kecap inggris, saus tomat dan kecap manis.  Aduk rata.
6.    Masukkan air kaldu, garam, merica, pala, gula pasir dan merica hitam.  Aduk rata.  Masak sampai mendidih.   Kentalkan dengan larutan maizena.  Masak sampai meletup-letup.

Hasil: 6 gulung.
 




8 komentar:

  1. As'salam Tati, Alhamdulillah sangat berselera lihat resepnya, mungkin satu hari bisa dicoba ya :)

    BalasHapus
  2. Waalaikumussalam, Kak CT. Senangnya dapur saya dikunjungi kak CT. Silahkan dicoba resepnya, semoga suka ya..... :-)

    Salam

    BalasHapus
  3. Mohon izin copy resep ya mba. Makasih banyak. Di pekanbaru, belum nemu yng beginian :-) . Kl boleh tahu kecap inggrisnya merek apa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba mbak.... Di Medan juga gak banyak yang tau tentang galantin. Kayaknya makanan ini lebih terkenal di Jawa, ya. Kecap inggris yang saya pake merk ABC. Terimakasih sudah berkunjung..... :-)

      Hapus
  4. klo di jual kira2 harga per porsinya berapa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...kalau harga pasaran galantin saya kurang tau tuh, mbak. Saya gak jual dan saya juga gak nemu ada yang jual galantin disini (Medan), jadi saya gak pernah beli :) So, saya gak tau harganya. Ini juga bikin karena saya penasaran banget sama rasanya. Maaf gak bisa bantu banyak...:)

      Hapus
  5. wah nemu blog nya dapur vanilla sgt membantu utk newbi spt saya, salam kenal mba lisa. izin nyatet resep ya.

    btw kl d medan TBK yg komplit dmn ya mba? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mbak Tika. Senang kalau resep-resep yg saya share ada manfaatnya :) Silakan di catet dan dipraktekkan ...

      Saya belum nemu di Medan TBK yg lengkap semua ada, Mbak Tika :( Karena itu biasanya kalau belanja bahan kue sy biasanya ke beberapa TBK. Kadang di Pasar Sambas (karena dekat rumah..hehe), kadang di Petisah, kadang jauh di Krakatau Psr 3 (kalau yg ini karena ownernya ramah...hehe)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...