Pages

Minggu, 16 Desember 2012

Granola Bars



Bulan kemarin saya memberanikan diri beli oatmeal langsung kemasan 1 kg.  Rencana awalnya pengen sarapan oatmeal tiap pagi.  Tapi seperti biasa, rencana tinggal rencana, saya cuma tahan 3 hari sarapan pake oatmeal.  Tinggallah si oatmeal dianggurin sendirian di dalam lemari.  Sampe kemarin, saya ingat lagi sama si oatmeal ini.  Harus diberdayakan sebelum kadaluarsa.  Maunya bikin sesuatu yang beda, simple dan gak pake dioven.  Jadilah Granola Bars ini.

Di resep asli judulnya No Bake Chocolate Chip Granola Bars, tapi saya skip chocolate chip-nya, takut kemanisan.  Sebagi gantinya saya tambahkan kacang kenari dan kismis.  Granola Bars-nya juga saya panggang sebentas supaya lebih set dan tahan disimpan lama.  Buat yang suka ngemil tapi gak pengen gendut, penganan ini cocok buat camilan.  Saya lebih suka ini daripada S****y.  Ada kriuk-kriuknya juga dari rice crispies (saya ganti cornflakes).  Yang butuh resepnya ada disini, yang dibawah ini adalah modifikasi dari saya.  Silakan dicoba, semoga suka …… :-) 


Granola Bars 

Bahan 
¼ cup (60 gr) butter
¼ cup (60 ml) honey
1/3 cup (65 gr) brown sugar (saya hanya pake 25 gr saja) 
2 cups quick cooking oats
1 cup crispy rice cereal (saya pake corn flakes) 
½ tsp vanilla
2 tbsp chocolate chip (gak pake) 
1 cup kacang kenari panggang, cincang kasar (tambahan dari saya) 
50 gr kismis (tambahan dari saya) 


Cara membuat:
1.    Di dalam wadah, campur oatmeal, cereal, kacang kenari dan kismis.  Sisihkan.
2.    Di wadah lain campur butter, madu dan brown sugar.  Panaskan dengan api sedang sampai berbusa sambil diaduk rata, tambahkan vanilla, aduk rata lagi.  Tuang ke campuran oatmeal.  Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
3.    Tuang ke loyang persegi 22x22x4 cm yang sudah dioles margarine dan dialasi kertas roti lalu dioles margarine lagi.  Padatkan.  Simpan di kulkas sampai agak keras, minimal 2 jam.
4.    Potong-potong persegi panjang menjadi 32 bagian.  Keluarkan dari loyang dan pisahkan tiap potongan. 
5.    Taruh di loyang lebih besar tanpa dioles.  Panggang dengan suhu 150°C selama 20 menit.







11 komentar:

  1. icha, mau buatin dunk 1 toples aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buatinnya sih gampang, Bu. Ngirimnya kemana nih.....? :-)

      Hapus
  2. kalau oatmeal nya diganti sama cornflakes bisa gak mbak :-) ?

    BalasHapus
  3. Insyaallah bisa, mbak. Gak masalah :)

    BalasHapus
  4. kak, beli oatmeal kiloan gitu di mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di swalayan banyak kok, Mbak Axel. Biasanya dijual kemasan 200 - 800 gr, kalo gak salah. Aku dpt 1 kg karena waktu itu beli kemasan 800 gr dpt bonus yg ukuran 200 gr...heheh. Ada yg instan & quick cooking. Untuk granola bars ini pakai yg quick cooking, ya :)

      Hapus
  5. Hi! Jual organic foods and snacks, ada nuts, seeds, grains, cereals, dried fruits, sea salt, himalayan salt, matcha powder, acai berry powder, spirulina, flours, dll. Bisa di check di instagram @organicfoods_ yaa atau email tentang product and pricelist di vicentia.gho@gmail.com ����

    BalasHapus
  6. beli rice crispy dimana yah ? yg kilon gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di tempat saya (Medan) saya belum nemu tuh rice crispy yg dijual kiloan. Karena itu saya ganti dengan cornflakes. Nah, kalau cornflakes ada tuh dijual curah di toko bahan kue. Maaf ya, lama dibalas :)

      Hapus
  7. Mau nanyaa...kq aku punya hancur ya?padahal sebelum masuk kulkas uda aku padatin banget..trus simpen dikulkasnya uda semalaman..sebelum dioven,pas dipotong banyak yg hancur :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang saya juga bingung, mbak :) Hancurnya karena adonan gak bisa set ya? Campuran butter, madu dan gulanya sudah dimasak sampai berbusa, kan? Campuran ini lah yang membuat granolanya lengket. Trus, motongnya saat adonan masih dalam loyang dan potong pakai scraper, insyaallah jadi lebih mudah. Jangan nyerah untuk coba lagi ya, mbak. Semangat ! :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...