Pages

Sabtu, 29 September 2012

Duo Choco Cupcake With Banana Chocolate Frosting



Waktu itu sebenarnya Kak Ira, ibunya Diva (keponakan saya) ga punya niat buat merayakan ultah Diva di sekolahnya karena bertepatan dengan musim ujian.  Tapi si Diva tetap pengen bawain sesuatu buat temen-temen sekolahnya dan dimakan sama-sama katanya.  Kak Ira setuju, daaannn….keputusan ini diambil satu hari menjelang hari H ! ! !  Mau order cake ke cake shop udah ga keburu, mau bikin cake sendiri Kak Ira mana bisa…..masak air aja hangus kok…hihihi…  Kalo udah gini pemadam kebakarannya siapa? Ya Tante Icha lah….alias diriku !!  Mana bisa nolak saya kalo yang minta keponakan sendiri…. Anything for you sweety…^__^

Singkat cerita, jadilah malamnya sepulang kerja saya baking nih cupcake.  Besok pagi mau diambil katanya.  Meskipun baking dalam keadaan mepet kayak gini, tapi saya ga pengen rasa dan penampilan cupcakenya amburadul.  Base cake untuk cupcakenya adalah cokelat cake yang nyoklat banget dan diswirl atasnya dengan ganache cokelat.  Biar ada sensasi rasa yang beda frostingnya saya pake resep dari Majalah Sedap yang ada penambahan pisang ambon dalam ganachenya.  Enak lo ganache ditambahin pisang.  Pisangnya harus pisang ambon ya biar wanginya berasa.  Saya sempat nyicip ganachenya begitu dikelurkan dari kulkas, yummyyy….. Bikin yukkk….



Duo Choco Cupcake With Banana Chocolate Frosting 
Sumber: Majalah Sedap

Bahan
225 gr mentega tawar dingin (saya pake mentega salted)
150 gr gula pasir halus
100 gr dark cooking chocolate (DCC), lelehkan
4 btr telur
175 gr terigu protein sedang
½ sdt cokelat pasta
30 gr cokelat bubuk
1 sdt baking powder

Banana Chocolate Frosting
150 ml krim kental
150 gr DCC, potong-potong
50 gr pisang ambon, haluskan sampai benar-benar halus


Cara
1.    Kocok mentega dan gula pasir sampai lembut.  Masukkan DCC leleh.  Kocok rata.
2.    Masukkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
3.    Masukkan sisa tepung, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan. Tuang ke loyang cupcake yang sudah dialasi cupcake case.
4.    Oven 35 menit dengan suhu 180°C sampai matang.
5.    Frosting: Panaskan krim kental.  Masukkan potongan DCC dan pisang ambon.  Aduk sampai cokelat larut.  Dinginkan di kulkas.  Kocok sampai lembut.
6.    Semprotkan frosting di atas cupcake yang sudah dingin.


Pada kesempatan ini saya sekalian umumkan kalo saya mau libur sebentar dari ngeblog.  Ga lama kok, paling sekitar dua mingguan lah….IsyaAllah…  Mau pindahan soalnya.  Oke…saya tinggalkan teman-teman dengan Duo Choco Cupcake With Banana Chocolate Frosting ini ya…  Sampai ketemu saat saya kembali….





Minggu, 23 September 2012

Donat Kentang



Ga banyak yang bisa saya ceritakan tentang donat kentang,  karena semua orang sudah tau,  semua orang sudah kenal, sudah pernah makan dan  semua orang suka dia….(kecuali yang sedang diet…hehehe..).  Kalau saya bisa ibaratkan dengan manusia, donat kentang itu ibarat wanita dengan kecantikan alami….(alahmak…bahasanya…)

Tapi  memang iya, kan?  Ga perlu banyak make up untuk membuat dia enak dipandang, sederhana,  humble dan teman duduk yang menyenangkan…(iiih….saya bangeeet….hueeekkk…)  Sama kayak donat kentang, ga perlu toping macam-macam untuk membuatnya enak, cukup dengan taburan gula donat atau bahkan tanpa topping sekalipun.  Donat kentang juga teman yang enak buat sarapan, snack siang, teman minum kopi atau teh di sore hari atau midnight saat kamu pengen makan sesuatu tapi bukan nasi.. 

Dari beberapa resep Donat yang pernah saya coba, resep ini yang paling enak dan empuk juga.  Resep saya ambil dari Buku Seri Makanan Favorit Donat karya Sisca Susanto.  Untuk cara pembuatannya saya lakukan seperti biasanya saya membuat roti, dan kali ini saya beri topping untuk para keponakan yang sedang ada di rumah.   Ini resepnya:


 
Donat Kentang
Sumber:  Seri Makanan Favorit Donat, Sisca Susanto

Bahan:
500 gr  tepung terigu cakra (protein tinggi)
1 bungkus (11 gr) ragi instan
100 gr gula pasir
250 gr kentang, kukus, haluskan
50 gr susu bubuk
3 butir kuning telur
100 gr mentega
100 cc air dingin
½ sdt garam
Minyak untuk menggoreng


Cara :
1.      Campur semua bahan kering (terigu, ragi, gula & susu bubuk), aduk rata.  Tambahkan kentang, kuning telur & mentega, uleni sampai kalis.  Terakhir masukkan air sedikit demi sedikit dan garam, uleni sampai elastis.  Bulatkan, taruh di baskom dan tutup dengan kain bersih dan lembab, diamkan  (proofing) selama -/+ 20 menit. (aku: 30 menit)
2.      Kempiskan adonan. Bagi dan timbang adonan masing-masing 30 gr atau sesuai selera.  Bentuk bulat, diamkan 10 menit, kempiskan lagi adonan, buat lubang ditengahnya (bisa juga dengan menggunakan cetakan donat), diamkan lagi selama 30 – 45 menit.
3.      Goreng dengan api sedang sampai kecokelatan.  Beri topping atau taburan sesuai selera.





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...