Pages

Senin, 07 Januari 2013

Brownies Kukus Ketan Hitam





Sudah pernah buat atau makan brownies kukus? Versi yang mana aja, baik yang Amanda maupun yang Ny. Liem punya.  Enak kan?  Buat saya enak.  Tapi browkus ketan hitam ini dua kali lebih enak! Beneran!  Perpaduan tepung ketan hitam yang legit dengan cokelat menghasilkan browkus dengan rasa yang….woww!  Ternyata cake yang gurih dan sedap aromanya tidak harus pake butter.  Buktinya di brownies ini tidak pake butter melainkan minyak goreng, tapi hasilnya enak banget, malah penambahan minyak goreng membuat browniesnya jadi moist. 

Saya sudah beberapa kali membuat browkus ini.  Pertama kali bikin rasanya terlalu manis buat saya, karena itu dipercobaan selanjutnya gulanya saya kurangi menjadi 175 gr saja, dan cara membuatnya saya tuliskan sesuai cara saya.  Terimakasi banyak buat Mbak Ricke yang sudah mau sharing resepnya.  Katanya resep ini salah satu andalan jualanya beliau lho…




Brownies Kukus Ketan Hitam


Bahan
6 btr telur
200 gr gula pasir ( saya pake 175 gr saja)
1 sdt emulsifier
¼ sdt garam
1 sdt vanilla (saya gak pake)
250 gr tepung ketan hitam
20 gr cokelat bubuk
100 gr dark cooking chocolate, cincang kecil-kecil
200 gr minyak goring atau margarine yang dilelehkan
2 sdm susu kental manis (saya pake SKM yang cokelat)

Meises cokelat untuk filling secukupnya


Cara membuat:
1.    Campur tepung ketan hitam dan cokelat bubuk, lalu ayak.  Sisihkan.
2.    Lelehkan dark cooking cokelat dengan cara ditim, tambahkan minyak goreng, aduk rata.  Masukkan SKM cokelat, aduk rata lagi.  Sisihkan.
3.    Dalam wadah lain, kocok telur bersama gula dan emulsifier sampai mengembang dan kental berjejak.  Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk rata dengan spatula.  Tambahkan campuran cokelat, aduk rata lagi.
4.    Tuang ½ bagian adonan kedalam loyang 20 x 20 cm yang sudah dialasi kertas roti.  Kukus dengan api sedang selama 10 menit.
5.    Taburi dengan meises cokelat, tuang kembali ½ bagian sisa adonan.  Kukus lagi selama 20-25 menit sampai matang.


 



5 komentar:

  1. Mbak...gimana caranya kok browniesnya cantik gitu penampilannya? g bergelombang maksudku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apinya jangan kegedean, mbak. Cukup dikukus dengan api sedang saja. Semoga membantu :)

      Hapus
  2. No 5 kok dioven sampai matang?Apa memang divariasi kukus dan oven?

    BalasHapus
  3. Uppss....ada yang salah ketik ternyata! Sesuai dengan judulnya, cake ini dari awal sampai akhir dimatangkan dengan cara dikukus. Itu di atas sudah dibenerin, ya, Mb Asih. Thanks ya koreksinya :)

    BalasHapus
  4. Kalau ga pake emulsifier gmn?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...