Pages

Minggu, 20 Januari 2013

Lapis Surabaya Green Tea



Sejak saya mulai suka baking, saya punya daftar cake-cake atau dessert yang saya ingin buat.    Beberapa diantaranya sudah, tapi lebih banyak yang belum.  Bukan karena malas, tapi karena kesombongan saya waktu membuat list itu.  Waktu itu serasa semuanya serba gampang, mudah, gak sulit, kecil,….dll…dll….:-) Padahal yang masuk list saya itu cake yang banyak layernya semisal opera cake, lapis surabaya, lapis legit, tiramisu cake dan sejenisnya.  Waktu itu saya gak nyadar kalau saya cuma punya otang yang bisa muat maksimal 1 bh loyang 30 x 30 cm….. :-)

Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, baking gak seru ya kalau gak ada tantangannya….  Saya belum akan membuat opera cake yang ada 6 layer itu, tapi lapis surabaya yang 3 layer. Pasti ada cara mengakalinya…… ;-)

Sebagai percobaan pertama saya pilih resep dari blog mbak Nien karena lapis surabaya-nya hanya memakai sedikit telur dan menggunakan loyang 10 x 30 cm (3 buah).  Karena saya cuma punya  2 bh loyang, cake saya oven dalam dua antrian.  Pertama kali saya oven 2 bagian yang plain (tidak ber-green tea), begitu yang plain ini keluar dari oven, baru adonan yang ber-green tea saya masukkan.  Pasti pada nanya, adonan yang green tea apa tidak turun selama adonan yang plain dioven?  InsyaAllah tidak .  Kan cakenya tipis jadi hanya perlu dioven sebentar (15 menit), jadi adonan green tea-nya tidak menunggu terlalu lama.  Saya pernah baca di satu artikel, lupa punya siapa, di situ ditulis agar adonan yang ngantri dimasukkan ke kulkas saat menunggu giliran dioven agar adonan tidak turun.  Kemarin itu saya praktekkan dan berhasil.  Bagian yang antri (green tea) tidak bantat.  


Karena saya sangat berhati-hati dalam berurusan dengan sponge cake, cake ini saya buat tidak seperti yang di tulis Mbak Nien di blognya, tapi seperti biasa saya membuat sponge cake.  Saya masih pemula, masih belum berani terlalu banyak bereksperimen..:-)  Oya, cake-nya enak, lembut dan manisnya pas.  Tapi jangan dibandingkan dengan Lapsur yang pake banyak kuning telur, ya….. jelas beda….


Lapis Surabaya Green Tea


Bahan
6 btr telur
150 gr gula pasir (saya pake 135 gr)
¼ sdt garam (saya gak pake)
30 gr emulsifier (saya cuma pake 15 gr)
175 gr terigu kunci biru (protein rendah)
3 sdm susu bubuk
½ sdt vanilla bubuk (saya gak pake)
75 ml susu cair
150 gr mentega, cairkan
2 sdt bubuk green tea
100 gr butter cream untuk filling (saya pake selai apricot)


Cara membuat:
1.    Campur susu dan mentega cair, aduk rata.  Sisihkan.
2.    Campur susu bubuk dan terigu, ayak.  Sisihkan.
3.    Kocok telur bersama gula dan emulsifier sampai mengembang dan kental berjejak.  Masukkan campuran terigu dan susu bubuk sambil diayak, aduk rata. 
4.    Tambahkan campuran mentega dan susu cair, aduk rata.
5.    Bagi adonan 3 bagian sama banyak.  Satu bagian tambahkan green tea bubuk, aduk rata.  Tuang ke 3 bh loyang 10 x 30 x 3cm yang sudah dialasi kertas roti.  Oven dengan suhu 200°C selama 15 menit sampai kuning kecokelatan.
6.    Keluarkan cake dari loyang, tumpuk cake dengan posisi yang green tea di tengah dan diberi olesan selai diantaranya.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...