Pages

Selasa, 15 Januari 2013

Macaroni Schotel




Ini dia salah satu makanan yang sering saya buat kalau ingin makan sesuatu  yang lain selain nasi.  Yang membuat Macaroni Schotel ini jadi favorit karena selain membuatnya gampang, rasanya juga enak.  Daging yang dipake juga serba instan, semisal daging kornet, smoked beef atau sosis (saya gak bangga dengan ini….:-( ).  Jadi tinggal dicemplungin aja.  Ada juga bahan yang lain seperti keju dan susu (yang full cream lebih enak !).   Meski enak dan bikin ketagihan tapi Macaroni Schotel bukan jenis makanan yang bisa dikonsumsi tiap hari.  Kecuali buat kamu-kamu yang gak punya masalah dengan berat badan ya…..hihihi… :-)

Resep Macaroni Schotel yang ini tidak terlalu eneg, karena keju yang saya pake tidak terlalu banyak.  Tapi kalau teman-teman ingin menambahkan silahkan saja.




Macaroni Schotel


Bahan
200 gr macaroni elbow, rebus lalu tiriskan dan perciki dengan sedikit minyak goreng
2 sdm margarin
1 bh bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
2 – 3 siung bawang putih, cincang halus
1 kaleng daging korned (190 gr)
4 bh sosis/ smoked beef, potong-potong
100 gr keju cheddar, potong-potong kotak kecil
4 btr telur, kocok lepas
300 ml susu cair
½ sdt garam
½ sdt kaldu sapi bubuk
½ bh pala, parut (bisa juga pake pala bubuk)
¾ sdt merica bubuk

Saus putih
2 sdm margarine/butter
30 gr terigu
500 ml susu cair
½ sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
¼ sdt garam
50 gr keju cheddar, parut
Keju cheddar secukupnya untuk topping


Cara membuat:
1.    Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.  Masukkan daging korned & smoked beef/sosis, tumis sampai matang dan berubah warna.
2.    Campur dalam satu wadah macaroni, tumisan daging, telur, keju cheddar, susu cair, garam, kaldu bubuk, pala & merica.  Aduk rata.
3.    Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah dioles margarine.  Ratakan dan tekan-tekan sedikit.  Oven dengan suhu 175°C selama 20 – 25 menit.
4.    Saus putih: panaskan margarine dengan api kecil sampai meleleh, tambahkan terigu, aduk cepat sampai rata.  Masukkan susu sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata dan licin.  Tambahkan keju cheddar parut, aduk rata.  Bumbui dengan merica, garam dan pala.  Aduk rata.  Aduk terus sampai mengental.
5.    Keluarkan macaroni dari oven, tuang saus putih keatasnya, tabiru dengan keju cheddar parut.  Oven lagi selama ± 15 menit sampai permukaannya kecokelatan.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...