Pages

Sabtu, 26 Januari 2013

Mini Apple Pie



Kamis kemarin Kota Medan diguyur hujan seharian.  Meski hari libur tapi bawaannya malas aja mau keluar.  Lebih enak di rumah, bergelung di bawah selimut sambil baca buku ditemani dengan secangkir susu cokelat hangat dan sepiring kecil camilan……hmmmm.  Tapi camilannya apa ya?  Waktu itu di rumah sedang tidak ada camilan.  Kebetulan di kulkas ada 3 buah apple.  Ya sudah….berleha-lehanya ditunda dulu.  Singsingkan lengan baju….ambil mixer bowl dan spatula…..saya buat Apple Pie….!

Saya sudah pernah membuat apple pie sebelumnya yang pake metode sekali oven.  Maksudnya kulit pie tidak dioven setengah matang dulu tanpa filling.  Saya gak terlalu suka yang seperti itu.  Crust yang dibagian bawah berasa masih basah dan kurang matang gitu… Tapi itu masalah selera aja sih…:)  Karena itu kali ini crustnya saya oven terlebih dahulu tanpa filling sampai setengah matang, kemudian diberi filling dan dioven lagi sampai matang.

Gak lama kemudian saya duduk di sofa….tarik selimut….buka buku….ditemani teh hangat (susu cokelatnya habis juga….:-p) dan semangkuk kecil mini apple pie fresh from the oven………



Mini Apple Pie


Bahan:
Crust
125 gr margarine
50 gr gula tepung
1 btr telur
200 gr terigu protein sedang
30 gr susu bubuk
¼ sdt baking powder

Apple filling
700 gr (3 bh) apple, kupas lalu potong kotak-kotak kecil
30 gr gula palem
30 gr gula pasir
½ sdm air lemon
1 sdt kayumanis bubuk
1/8 sdt garam
1 sdm butter
1 sdm maizena
50 gr kismis (rendam sebentar dengan air panas lalu tiriskan)
Kuning telur untuk olesan


Cara membuat:
1.    Crust:  ayak terlebih dahulu terigu, susu bubuk dan baking powder.  Campur semua bahan crust jadi satu menggunakan pastry blender atau garpu sampai berbutir-butir.  Bulatkan.  Bungkus dengan plastik lalu simpan di kulkas sementara membuat fillingnya.
2.    Apple filling: panaskan butter, tumis apple sampai agak layu.  Tambakan gula pasir, gula palem, garam, kayumanis bubuk dan air lemon, aduk rata.  Tambahkan kismis, aduk rata.  Masak sebentar sampai mendidih dan gula mengkaramel.  Masukkan maizena.  Aduk sampai mengental.  Sisihkan.
3.    Keluarkan adonan crust dari kulkas.  Giling setebal ½ cm.  Masukkan dalam cetakan pie mini diameter 5 cm.  Tusuk-tusuk.
4.    Oven kulit pie (crust) dengan suhu 175°C  selama 15 menit sampai setengah matang. 
5.    Keluarkan pie crust dari oven, beri isi, tutup lagi atasnya dengan bahan crust.  Oles dengan kuning telur.  Oven lagi pie selama 20 menit sampai kecokelatan.


NB.  Resep bahan crust saya ambil dari buku '20 Kue Cokelat Mini' terbitan Saji.


Hasil:  ± 25 buah





 

2 komentar:

  1. Mbak saya mau tanya, kali resep inu kulit pie nya pakai telur kan. Bedanya yg tanpa telur dimna nya ya? Dan secara rasa lebih enak yg paksi atau tidak pakai telur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah bikin yg tidak pakai telur,mbak. Jadi, maaf belum bisa kasih testimoni. Semua resep pie yang sudah saya posting di blog ini kulit/crustnya (pakai telur) renyah seperti cookies.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...