Pages

Rabu, 02 Januari 2013

Molten Chocolate Cake




Molten Chocolate Cake a.k.a Chocolate Lava Cake…..atau dalam kasus saya namanya jadi Chocolate ‘almost’ Lava Cake….:)  Seperti namanya, cake ini seharusnya bertekstur runny seperti lava dibagian tengahnya.  Tapi punya saya tidak sodara-sodara……! :(  Sepertinya ‘termometer’ abal-abal yang ada di oven (otang) saya tidak akurat.  Meskipun angkanya sudah menunjukkan 190°C seperti yang diminta resep, sepertinya itu termasuk dalam kategori terlalu panas untuk oven saya.  Oleh karena itu pada kesempatan ini izinkan saya mengingatkan lagi kepada teman-teman, apa pun jenis dan bentuk oven anda kenalilah dia sebaik mungkin  !!!  Jangan sampai segala effort yang sudah kita lakukan dalam membuat cake dengan bahan yang gak murah pula gagal cuma gara-gara suhu oven yang gak pas….:(

Saya baru tau dari sepupu saya kalau cake ini termasuk dessert mahal dan jadi andalan di fancy café atau hotel berbintag.  Iya kah….? Saya gak hobi ngafe jadinya saya gak tau…:)  Tapi buat apa beli mahal kalau bisa bikin sendiri, iya kan?  Bahannya gak banyak dan membuatnya juga gampang…asal teliti!  Perhatikan suhunya, karena kalau tidak pas cakenya tidak akan berteksture seperti lava di tengahnya.  Seperti cake saya di bawah ini….. 



Jadi, termasuk kategori berhasil atau gagal kah percobaan saya kali ini?  Kalau saya lebih senang menyebutnya hampir berhasil.  Karena cakenya enak, cokelatnya berasa banget dan manisnya pas, hanya saja ‘lava’ di bagian tengah cake saya kurang cair alias kematangan.  Nanti percobaan berikutnya saya akan kurangi lama memanggangnya jadi hanya 10 menit saja.  





Molten Chocolate Cake
Sumber: bundacorner


Bahan
113 gr Dark Cooking Chocolate (cincang kasar)
85 gr unsalted butter (saya pake yang salted)
2 btr telur
¼ cup (55 gr) gula pasir
¼ cup (30 gr) terigu
1 sdm cokelat bubuk
¼ sdt garam (kalau menggunakan unsalted butter)


Cara membuat
1.    Panaskan oven suhu 190°C.  Oles ramekin dengan margarine dan taburi tepung.  Sisihkan.
2.    Campur terigu, cokelat bubuk dan garam (kalau pake), ayak.  Sisihkan.
3.    Dalam wadah lain, campur dcc dengan butter, lelehkan dengan cara ditim dengan api sedang.  Sisihkan.
4.    Kocok gula bersama telur dengan kecepatan sedang sampai agak pucat dan gula larut.  Kecilkan speed, masukkan campuran tepung, kocok rata.  Tambahkan campuran cokelat, kocok rata.
5.    Tuang ke dalam ramekin hingga ¾ penuh.  Oven selama 15 menit (bisa kurang, sesuai oven masing-masing).

Hasil: 3 buah.
 




4 komentar:

  1. ini bagian tengahnya ga di kasih potongan dcc mba???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga, mbak Lina. Cake ini cukup dioven sebentar dengan suhu yg tinggi. Dengan begitu bagian pinggir cake akan set atau 'berdinding' tapi bagian tengahnya masih cair. Harus hati-hati pada saat memanggang dan kenali oven masing-masing. Waktu memanggang yg ditulis di resep belum tentu cocok dengan oven kita. Jangan kayak saya ya....hehehe. Terimakasih sudah mampir :)

      Hapus
  2. hmm.. barusan bikin 100% gagal, aku interest bgt sm ini cake.. mmg prnh liat di tabloid kalo bikin lava cake mmg harus bnr" ulet..
    td aku bikin 4 cup, 3 aku isi hampir penuh sisa 1 cm, luber parah parah banget, terus sisa 1 setengah cup sama aja ka luber luber juga. kenapa ya? missnya dimana ya? padahalkan ga pake baking powder D: emg sih td pas stim adonanya gak slow wqaktu masukin dcc+butter ke telur gulanya.. tp rata. itu ngaruh ga ya? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang saya kurang paham masalahnya apa... Kalau adonan melimpah keluar saat dipanggang itu karena ramekinnya diisi kepenuhan. Cukup isi 3/4 penuh saja. Kalau betul-betul ngikutin resepnya insyaallah jadi kok, simpel sekali cara membuatnya, malah sebenarnya titik kritisnya adalah saat pemanggangan. Salah sedikit saja maka lavanya (lelehan ditengah) bakal tidak jadi. Coba lagi aja. Kan katanya bikin cake ini harus ulet...:)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...