Pages

Minggu, 24 Februari 2013

Banana Oatmeal Bread



Sepertinya semua orang sudah pada maklum kalau makanan sehat itu biasanya identik dengan rasa yang kurang enak. Betul, gak? Bahkan dari namanya aja kita seperti punya filling dan tau makanan itu enak atau gak. Contohnya aja nih, seorang pegawai di sebuah bakery nawarin kita “ mbak mau yang mana?  Whole Wheat Spinach Oatmeal Muffin atau Double Chocolate n Cheese Muffin ?” Kalau saya pasti milih yang terakhir, walaupun waktu itu saya sedang diet!…..hahaa…  Karena itu, ketemu resep cookies atau cake ‘sehat’ tapi enak itu sesuatu banget buat saya.  Seperti Banana Oatmeal Bread yang ini.  Dengan catatan shortening yang di resep diganti dengan butter,ya….. teteeep :)  Pisang membuat cakenya jadi moist dan oatmealnya membuat cepat kenyang dan menghilangkan rasa bersalah walau makannya gak brenti-brenti….hehehe.

Seperti biasa kalau memakai resep dari ‘luar’ saya selalu mengurangi jumlah gulanya.  Apalagi cake ini sudah ada pisangnya yang juga manis.  Saya sudah dua kali membuat cake ini. Yang pertama loyang yang saya pake ukurannya sama seperti yang saya tulis di resep di bawah, hasilnya satu loyang, dan yang kedua kali saya pake loyang yang lebih kecil dan mengasilkan 3 loaf (seperti di gambar).  Toppingnya saya pake yang kebetulan sedang ada di rumah aja (keju, kenari dan cokelat chip).  Selamat mencoba…!




Banana Oatmeal Bread
Sumber: allrecipes



Bahan:
1/2 cup (115 gr) shortening (saya pake salted butter)
1 cup (225 gr) white sugar (saya pake 100 gr saja. 50 gr gula palem + 50 gr gula pasir)
2 eggs, beaten
1/2 teaspoon vanilla extract
1 cup (110 gr) all-purpose flour
1 cup quick cooking oats
1 teaspoon baking soda
1/2 teaspoon salt (saya skip)
1/2 teaspoon ground cinnamon (saya skip)
1 1/2 cups mashed bananas
1/4 cup (60 ml) milk
1/2 cup chopped raisins (optional)


Cara membuat:
1.    Campur dan ayak terigu, baking soda, garam dan cinnamon (kalau pake). Tambahkan oatmeal, aduk rata. Sisihkan.
2.    Kocok butter dan gula sampai lembut.  Tambahkan vanilla dan telur satu per satu, kocok rata.
3.    Masukkan campuran terigu bergantian dengan susu dan pisang.  Kocok rata.
4.    Tuang ke loyang loaf ukuran 20 x 11 x 7 cm yang sudah dialasi kertas roti.  Panggang dengan suhu 175°C selama 50 – 60 menit sampai matang.

 




2 komentar:

  1. Hai kalau butter diganti minyak bisa tdk ya? Thx

    BalasHapus
  2. Kalau ingin mengganti butter-nya dgn minyak, teknik pembuatannya pun harus dirubah. Teknik membuatnya jadi sama seperti membuat muffin, yaitu adonan kering dicampur dengan adonan basah (termasuk minyak), lalu diaduk rata. Nah, teknik seperti ini akan menghasilkan cake yang padat seperti muffin, sementara banana bread yg diresep ini teksturnya seperti cake karena butternya dikocok dgn gula terlebih dahulu. Happy baking!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...