Pages

Sabtu, 16 Februari 2013

Choco Cappuccino Roll



Sebelumnya belum pernah sekali pun saya berhasil membuat bolu gulung yang bagus hasilnya.  Bagian atasnya selalu menempel di kertas pada saat digulung.  Bingung juga waktu itu, kalau waktu panggangnya dilebihkan agar bagian atasnya kering, pasti cake akan susah digulung dan patah.  Tapi kalau sebentar (sesuai resep) bagian atasnya masih basah walau pun yang bagian bawah sudah matang sempurna.  Makanya untuk sementara waktu saya putus hubungan dulu dengan si bolu gulung ini.   Sampai kemarin lihat di fb dan teman-teman yang punya food blog pada mejengin bolu gulung jepang cantik mereka, saya tertantang lagi untuk menaklukkan cake yang satu ini.

Seorang bijak pernah bilang ‘memahami masalah adalah sebagian dari solusi’, dan masalah saya adalah bagian atas cake yang tidak matang sempurna alias tidak kering, dan saya paham ini disebabkan suhu oven saya yang tidak merata panasnya.   Jadi kemarin waktu membuat bolu ini lagi, pada awal memanggang loyang saya taruh di rak bagian tengah sampai 10 menit pertama, lalu saya putar posisi loyang dan saya taruh di rak bagian atas untuk mematangkan bagian atas cake.  Alhamdulillah cara ini berhasil!  Saya panggang cake sesuai waktu yang diminta resep dan cakenya matang sempurna sampai ke bagian atasnya dan mudah digulung dan tidak lengket lagi di kertas.




Choco Cappuccino Roll
Sumber: Buku ‘ Soft Cake & Moist Cake’ by Sedap


Bahan
80 gr terigu protein rendah
20 gr cokelat bubuk
¼ sdt baking powder
30 gr gula pasir halus
60 ml minyak goreng
65 ml susu cair
1 sdm air kopi (dari 1 sdt cappuccino instan + 1 sdm air panas)
¼ sdt essens kopi (saya gak pake)
4 btr kuning telur
4 btr putih telur
¼ sdt garam
½ sdt cream of tartar ( saya gak pake)
50 gr gula pasir

Filling
Sesuai selera.  Bisa selai buah, buttercream, whipped cream, dll.


Cara membuat:
1.    Campur terigu, cokelat bubuk dan baking powder, lalu ayak.  Tambahkan gula.  Aduk rata .  Sisihkan.
2.    Campur minyak goreng, susu cair dan air kopi.  Aduk rata.
3.    Tuang sedikit-sedikit ke campuran terigu sambil diaduk perlahan.  Tambahkan kuning telur.  Aduk rata.  Sisihkan.
4.    Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang.  Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang (soft peak).
5.    Tuang sedikit-sedikit ke campuran terigu sambil diaduk perlahan.  Tuang adonan ke loyang 30 x 25 x 3 cm yang sudah dialasi kertas roti tanpa dioles margarine.  Oven 20 menit dengan suhu 190°C sampai matang.
6.    Setelah matang, gulung cake saat masih panas.  Biarkan dingin.  Buka gulungan cake, oles dengan bahan filling, lalu gulung lagi.  Simpan di kulkas agar mudah dipotong.




 

2 komentar:

  1. Assalaamu'alaikum.. Mbak lisa fotonya bagus beneeer.. ^_^
    Oya mbak lisa beli daun mintnya d medan ini dimana mbak? Tempo hr saya cari di carrefour plaza medan fair gak nemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam, Ayu. Kemarin aku beli daun mint-nya di Brastagi Supermarket yg di Gatot Subroto. Biasanya ada di bagian sayuran, dekatan dengan daun yg lain semisal daun sup, salam, daun bawang, dll.

      Terimakasih sudah mampir dan kasih komen manis ya. Salam kenal :) Semoga daun mint-nya ketemu....

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...