Pages

Minggu, 17 Maret 2013

Chocolate Peanut Spread



Hmmm….sudah sampai lagi kita diujung pekan,ya.  Akhir pekan atau hari libur biasanya kesempatan saya mencoba-coba resep baru.  Minggu lalu kita sudah mencoba resep baru roti gandum,kan?  Kalau sudah bisa bikin roti tawar pasti gak afdol ya kalau gak bikin temannya juga, yaitu selai, dan bicara selai, dari dulu saya penasaran sekali dengan yang namanya Nutella.  Ini selai sangkin terkenalnya sampai ada World Nutella Day-nya lho.  Pasti ini karena selainya enak banget, kan ya?  Dan dulu karena penasaran dengan rasanya, saya cari tuh selai ke supermarket dan ketemu.  Pas lihat harganya…..lumayan mihil juga ya untuk selai ukuran segitu.  Tapi waktu itu saya pikir ga apa-apalah demi rasa penasaran yang harus segera dijawab.  Lalu saya ambil itu botol selai, saya balik-balik sekali lagi dan akhirnya saya balikin lagi ke raknya.  Ternyata si Nutellanya belum punya label halal…. : (

Kemarin waktu ke supermarket niat awalnya mau cari selai cokelat, tapi karena letaknya berdekatan dengan selai nutella, saya lirik juga dia dan saya girang banget waktu lihat di kemasannya sudah mejeng logo halalnya.  Bungkuuuus….. Ternyata nutella itu emang enak ya, pantes banyak yang suka. Tapi buat saya sudah cukup, rasa penasaran saya sudah terjawab.  Sekarang waktunya membuat chocolate peanut spread homemade a la nutella. Ternyata gak butuh bahan yang rumit untuk membuat selai di rumah.  Cuma kacang, cokelat, gula, sedikit garam dan minyak makan atau minyak zaitun.  Bahannya mendekati lah dengan bahan-bahan nutella yang kemarin saya baca di kemasannya.  Cuma yang ini kacangnya diganti dengan kacang tanah.

Karena saya belum punya food processor, agak sedikit repot waktu kemarin saya membuat selai ini.  Kacang saya haluskan dulu dengan grinder, lalu saya campur dengan semua bahan dan proses lagi sampai lembut dengan bantuan chopper kecil saya.  Kalau choppernya sudah panas, berhentikan sebentar (kira-kira 5 menit), lalu process lagi, begitu seterusnya sampai didapat tekstur selai yang kita inginkan.  Makin lama di blender, makin lembut hasilnya. Buat teman yang punya food processor, pasti lebih gampang.  Tinggal masukin semua bahannya, dan biarkan alatnya yang bekerja.  Di bawah ini resep yang cocok buat saya setelah beberapa kali coba-coba, dan saya tuliskan cara membuatnya yang menggunakan food processor karena begitu lah cara yang gampang membuatnya.  Seandainya saya punya pasti saya pakai itu : )




Chocolate Peanut Spread


Bahan:
200 gr kacang tanah yang masih berkulit ari
30 gr cokelat bubuk
100 gr gula bubuk
1/8 sdt garam
4 – 6 sdm minyak zaitun/ minyak goreng biasa


Cara membuat:
1.    Sangrai atau oven kacang tanah sampai matang, kupas kulit arinya lalu haluskan dengan food processor sampai keluar minyaknya dan membentuk pasta. 
2.    Masukkan cokelat bubuk, gula bubuk, garam dan minyak zaitun.  Proses lagi sampai tercampur rata dan mendapatkan tekstur yang diinginkan.  Makin lama diproses, makin halus tekstur selainya.








6 komentar:

  1. Waaah.. Mantap ni mbak icha :D
    blm pny food processor jg jd liatin pic nya mbak icha dulu deh.. Hihi
    Dioles ke roti gandum pasti enaaakk :q
    baru2 ini liat food processor d brastagi supemarket yg merk phillips Rp 1.190.000 kurang lebih. Harga pasarannya emg segitu y mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga tau, Ayu. Kakak kan bukan salesnya...hehe :D Tapi kemarin lihat di Ace Hardware harganya sekitar segitu juga. Kenapa? Mo beli, ya? Oya, selai ini gak cuma enak dimakan dengan roti, lho. Dioles di biscuit atau bahkan dimakan gitu aja juga enak. Ayo segera dicoba! D

      Hapus
  2. Kacang nya bisa dihaluskan dgn blender gk. Selain pake grinder pakai apa ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai penghalus biji-bijian/kacang-kacangan juga bisa kok, mbak. Itu lho, yg biasanya kita dapat satu paket kalau beli blender. Kan ada tuh yg wadahnya lebih kecil itu. Saya sudah pernah coba pakai blender, tapi gak mau jalan dia, karena cairannya kurang mungkin.

      Hapus
  3. Sedapnya.. Mai la singgah blog saya..
    ada entry pasal Chocolate Spread nie..

    BalasHapus
    Balasan
    1. In syaa Allah saya akan mampir ke blog Mbak Shahida. Thanks ya sudah mampir kemari :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...