Pages

Minggu, 31 Maret 2013

Matcha Marble Chiffon Cake



Dari semua tipe proses pembuatan cake, chiffon cake adalah yang paling saya suka.  Gak tau kenapa, sejak pertama membuat chiffon cake sampai sekarang, Alhamdulillah saya belum pernah gagal.  Bukannya bermaksud menyombong ya, tapi memang begitu lah adanya  :)  Karena memang sebenarnya cara membuatnya gak terlalu ribet, hanya perlu perhatian ekstra pada saat mengocok putih telurnya.  Syaratnya si putih telur gak boleh dikocok sampai kaku, hanya sampai soft peak saja.  Kalau orang NCC bilang sampai membentuk jambul petruk.  Maksudnya, kalau whisk pengocok telur dibalikkan, putih telur yang menempel di whisk akan melengkung ke bawah, bukan berdiri tegak.  Mudah-mudahan bisa dibayangkan ya…..

Kebetulan ada resep chiffon cake yang ingin saya coba, jadi sekalian saja saya posting di sini.  Resepnya agak berbeda dengan resep chiffon cake yang biasa saya coba.  Yang ini pemakaian terigunya lebih sedikit dan ada penambahan tepung maizena pada saat pengocokan putih telur.  Sepertinya maizena di sini berfungsi sebagai penstabil putih telur.  Kalau di resep yang biasa yang dipakai sebagai penstabil adalah cream of tar tar (saya selalu pakai jeruk nipis/lemon).  Seperti yang saya duga, hasilnya memang sedikit berbeda dengan biasanya.  Kali ini hasilnya lebih lembut atau lebih ‘ngapas’ dibanding yang biasanya.  Sangkin lembutnya si chiffon cake ini tidak bisa berdiri kokoh.  Pasti akan meleyot (itu bahasa Indonesia, bukan ya? :p)  Dan satu lagi, saya mengalami sedikit masalah pada saat mencampur terigu dengan bahan basahnya.  Terigunya menggumpal dan tidak bisa menyatu dengan bahan yang lain.  Akhirnya saya blender aja adonannya hanya sampai gumpalan terigunya hilang, dan masalah selesai.  Tapi yang paling penting dari semuanya adalah rasanya tetap enak….. Alhamdulillah…. Resep aslinya bisa dilihat di sini, di bawah ini adalah hasil modifikasi dari saya (gak banyak kok…)



Matcha Marble Chiffon Cake



Bahan:
70 gr terigu protein rendah
5 kuning telur
20 gr gula kastor
70 gr susu cair
60 gr minyak goreng
5 gr bubuk green tea dicampur dengan 1 sdm air panas, aduk sampai menjadi adonan pasta yang lembut (air bisa ditambahkan kalau dirasa kurang)
90 gr gula kastor
10 gr tepung maizena
5 putih telur


Cara membuat:
1.    Panaskan oven 170°C.
2.    Ayak tepung terigu.  Sisihkan
3.    Campur kuning telur dengan gula (yang 20 gr), aduk rata.  Tambahkan susu cair dan minyak goreng.  Aduk rata.  Tambahkan terigu dan aduk rata dengan whisk.  Sisihkan. (di sini saya agak kesulitan membuat terigu bercampur rata dengan bahan cair, jadi saya blender aja)
4.    Campur gula dan maizena.  Aduk rata.  Sisihkan.
5.    Kocok putih telur sampai berbusa.  Tambahkan campuran gula dan maizena secara bertahap sambil terus dikocok sampai soft peak.
6.    Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur sedikit sedikit sambil diaduk perlahan sampai rata.
7.    Ambil ¼ bagian adonan dan tambahkan pasta green tea.  Aduk rata.
8.    Tuang adonan plain dan adonan green tea secara acak ke dalam loyang chiffon cake diameter 21 cm tanpa dioles margarin.  Goyang-goyang loyang sedikit untuk menghilangkan gelembung udara di adonan dan meratakan permukaannya.
9.    Oven selama 45 – 50 menit.  Begitu cake matang, segera balik/telungkupkan loyang dan biarkan sampai dingin.





3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...