Pages

Sabtu, 20 April 2013

Spaghetti Aglio E Olio



Sebenarnya lebih tepat judulnya Spaghetti Aglio E Olio Lebay…:), karena menurut Wikipedia pasta aglio e olio artinya adalah pasta yang dimasak bersama bawang putih dan minyak (zaitun). Kalau mau ditambah pun hanya parsley atau keju saja. Sementara yang saya buat kemarin ada tambahan paprika merah, tomat cherry (merah dan kuning), daging asap dan black pepper (i love black pepper). Berlebihan sekali, kan?   Tapi buat saya kalau cuma bawang putih dan minyak zaitun rasanya kurang nendang.  Maka saya tambahkan lah sayuran dan dagingnya.  Lengkap, kan ?  Ada karbohidrat, protein dan seratnya juga dari sayuran. 

Kalau mau membuat sesuatu dari pasta yang simple dan cepat, pasta aglio e olio memang pilihan yang pas.  Gak perlu membuat sausnya segala seperti pasta bolognese atau marinara.  Cukup ditumis dengan minyak zaitun dan bawang putih, dan masukkan bahan-bahan tambahan yang kita suka atau yang kebetulan sedang ada stok di rumah.  Daging yang dipakai menurut saya sih bisa apa aja.  Bisa smoked beef, sosis, bakso atau ayam cincang mungkin?  Saya bahkan pernah ketemu resep pasta aglio e olio yang ditambahkan anchovy (itu semacam ikan sarden kita kalo gak salah).  See, bisa apa aja, kan?  Kebetulan kemarin saya sedang punya smoked beef, tomat cherry dan ¼ buah paprika.  Jadilah mereka dimasukkan semua.  Di bawah ini resep spaghetti aglio e olio a la saya….. 


Spaghetti Aglio E Olio

Bahan:
75 gr spaghetti, rebus matang
Minyak zaitun secukupnya untuk menumis
2 siung bawang putih, iris tipis atau cincang halus
¼ bh paprika merah, cincang halus
Satu genggam tomat cherry, belay dua
2 lbr smoked beef
½ sdt merica hitam bulat, sangrai dan giling kasar
Secubit garam atau sesuai selera

Cara membuat:
1.    Tumis bawang putih bersama minyak zaitun sampai harum.  Masukkan paprika dan tomat cherry.  Masak sebentar sampai agak layu.  Masukkan smoked beef.  Masak sebentar.
2.    Masukkan spaghetti, aduk rata.  Tambahkan merica hitam dan garam sesuai selera.  Aduk rata lagi.  Hidangkan.  Siap disantap.


Hasil: 1 porsi



5 komentar:

  1. waah....spagetinya bener2 mirip masakan luar negeri Mbak....menggoda bangeet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Ummu Fatima. Kalo masih tumis-tumis sih saya masih bisa... :)

      Hapus
  2. Saya suka bikin ditambahin irisan cabe hijau/rawit mba. Enak lho, menggigit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bagus tuh,mbak :) Ntar kapan-kapan coba, ah..

      * maaf ya baru kasih respon. Yg punya blog melanglang buana dulu...hehe

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...