Pages

Sabtu, 04 Mei 2013

Donat Ubi Ungu




Akhirnya saya menemukannya juga.  Ubi ungu namanya…..  Yup, memang si ubi rambat yang satu ini sudah lama saya cari.  Kalau di Provinsi Sumatera Utara sini satu-satunya tempat yang saya tau menjual ubi ungu adalah di Brastagi.  Saya gak pernah nemu di Medan.  Setiap ke pasar tradisional ubi ungu pasti selalu masuk ke dalam list belanjaan saya.  Saya juga selalu nitip beli ke ibu saya kalau-kalau beliau ketemu ubi ungu di pasar.  Masih gak ketemu juga tuh…. Sampai minggu lalu waktu saya ke supermarket untuk nyari bahan kue, saya ketemu si pujaan hati ini…  :)  bersama dengan saudara-saudara ubinya yang lain.  Ada ubi Cilembu, ubi rambat yang dalamnya oranye itu dan ada juga ubi Taiwan (gak tau tuh apa bedanya dengan ubi Indonesia).  Kayaknya selama ini saya nyarinya di tempat yang salah.  Ternyata di Medan ubi ungu gak dijual di pasar tradisional, tapi di supermarket :)



Saya sudah lama menyimpan beberapa resep kue dan  roti berbahan ubi ungu yang ingin saya coba jika sewaktu-waktu saya dapat ubi ungu.  Salah satunya adalah donat ubi ungu ini.  Donat yang ini sama enaknya dengan donat kentang, dan warna ungunya buat dia jadi cantik. 

Waktu membuat donat ini saya kepikiran untuk membuatnya dengan bentuk lain.  Tetap bolong di tengah, tapi dibuat dari bulatan-bulatan kecil adonan donat yang disusun sambung-menyambung membentuk lingkaran, dan setelah matang saya gulingkan di gula palem…..yummm !  Resep asli ada disini.  Yang di bawah ini adalah penyesuaian dari saya. 




Donat Ubi Ungu


Bahan:
300 gram tepung terigu protein tinggi
1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
35 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
150 gram ubi ungu kukus, haluskan
1 butir telur
150 ml air es
30 gram margarin
½  sdt garam
Minyak untuk menggoreng
Gula palem secukupnya untuk dusting


Cara membuat:
1.    Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan ubi. Uleni rata.
2.    Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
3.    Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 5 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
4.    Pipihkan adonan. Bulatkan lagi. Susun 6 buah adonan membentuk lingkaran.  Beri sedikit jarak antara bulatan karena nanti adonan akan mengembang dan bulatannya akan menyatu/ saling lengket.  Taruh di loyang yang ditaburi tepung terigu.  Diamkan 60 menit sampai mengembang.
5.    Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
6.    Beri dusting dengan gula palem.


 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...