Pages

Kamis, 23 Mei 2013

Klepon Ubi Ungu




Klepon, atau kami di Sumatera menyebutnya Onde Onde.  Saya dan Ibu biasa membuatnya saat Bulan Ramadhan untuk penganan takjil (oya, bentar lagi ramadhan ya…. ), meskipun sebenarnya bisa dibuat diluar bulan itu karena membuatnya memang gampang sekali.  Kue tradisional yang paling gampang dibuat kalau menurut saya.  Biasanya lagi, saya dan ibu selalu membuatnya pakai daun suji dan pandan sebagai pewarna dan tepungnya cuma pakai tepung ketan saja, tidak ada penambahan ubi.  Jadi warnanya selalu hijau dan rasanya lebih kenyal (chewy) dibanding dengan yang ditambahkan ubi.  Kami membuatnya dalam ukuran sekali suap saja, jadi kita bisa merasakan sensasinya saat filling gula merah cairnya meledak di dalam mulut…..wiiihhh…enaknyaaaa…

Waktu saya membuat donat ubi ungu kemarin kan ubinya gak habis semua sekali pakai, nah… sisanya (sudah dikukus) saya taruh di wadah lalu dibungkus dengan plastic wrap dan saya simpan di freezer.  Minggu kemarin baru diberdayakan untuk membuat klepon ini.  Saya pakai resepnya Mbak Renny (Sweet Memory) karena dari semua resep yang saya nemu pas googling, resep beliau pakai lebih banyak ubi (saya gak mau ubinya nyisa lagi).  Saya melakukan penyesuaian pada jumlah airnya dan saya skip juga air kapurnya karena saya gak punya.  Jadi, di bawah ini resep yang sudah saya sesuaikan itu,ya….





Klepon Ubi Ungu


Bahan:
200 gr ubi ungu yg sdh dikukus dan di haluskan
175 gr tepung ketan
25 gr tepung sagu tani
200 ml air
150 gr gula aren / gula merah , iris halus ( utk isi ) (lebih kurang tergantung pemakaian)
100 gr kelapa parut & 1 sdt garam utk balutan .

Cara membuat:
1.    Kukus kelapa parut dan garam selama 10 menit . Dinginkan
2.    Didihkan air dalam panci .
3.    Siapkan baskom , campur tepung ketan dan tepung tapioca/tepung sagu, aduk rata, masukkan ubi yg sdh dihaluskan , aduk rata kembali.
4.    Tuang air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis dan dapat di bentuk . ( catatan : tuang air sedikit2 dengan menggunakan sendok , jaga agar adonan jangan sampai terlalu lembek karena akan sulit di bentuk dan di beri isian , hentikan pemberian air bila adonan sudah cukup kalis dan dapat dibentuk )
5.    Ambil sedikit adonan , bulatkan , lalu pipihkan dan beri bahan isi , bulatkan kembali . Masukkan dalam air mendidih , masak hingga terapung dan matang . Angkat , tiriskan , lalu gulingkan di parutan kelapa . Sajikan .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...