Pages

Jumat, 31 Mei 2013

Sus Jepang (Beard Papa’s Choux) Ala Pak Sahak



Sudah lama sebenarnya saya ingin membuat sus ini, sejak sebelum saya punya blog sendiri.  Sus ini kalau gak salah dulu itu sempat heboh di Indonesian food blogger.  Semuanya pada bikin, dan semuanya bilang enak.  Cuma karena pengalaman buruk saya dengan kue sus yang dulu itu, akhirnya ya ketunda terus.  Tapi saya penasaran banget sama yang namanya Beard Papa,s Soes alias sus jepang itu, sampai saya nitip beli di bandara sama adik saya yang waktu itu mau balik dari Jakarta.  Eh ternyata susnya beneran enak lho.  Terutama krim vanillanya, kayaknya mereka pakai vanilla beneran (vanilla bean) bukan essens, keliahatan ada bintik-bintik hitam biji vanilla di krimnya.


Nah, karena saya sudah pernah membuat sus dan berhasil (sus krim vanilla yang pernah saya posting dulu), saya lumayan pede dan minus deg-degan waktu membuat sus yang ini.  Alhamdulillah semuaya berjalan lancar.  Saya cuma mau kasih tips untuk toppingnya,  jangan pelit menyemprot adonan toppingnya ya,  kalau cuma ditaruh sedikit agak kurang cantik hasilnya dan kurang crunchy.  Tapi itu sih optional, suka-sukanya si yang buat aja.  Coba deh buat sekali dengan diberi topping sedikit, lalu buat lagi dengan diberi topping yang banyak, dan putusin suka yang mana.  Jangan takut deh pokoknya membuat sus ini berkali-kali, karena ini beneran enak meski tanpa filling.  Karena saya sedang tidak punya dark cooking cokelat, maka fillingnya saya ganti dengan filling vanilla saja.  Resepnya di bawah ini , tringgg…..




Soes Jepang Ala Pak Sahak

Kulit Sus: 
100 gr butter
110 gr air
1 sdt garam (saya ½ sdt aja)
120 gr tepung terigu
3 butir telur ayam (ukuran sedang)

Topping :
50 gr butter
50 gr gula halus
50 gr tepung terigu
1 sdm air

Filling:
Resep filling Sus Krim Vanilla di postingan sebelumnya.


Cara membuat:
1.    Topping: campur semua bahan dalam satu wadah, kocok sampai lembut dan masukkan ke plastik segitiga.
2.    Kulit sus: rebus butter, air dan garam sambil diaduk sampai mendidih.  Masukkan terigu, aduk rata.  Kecilkan api, masak terus sambil diaduk sampai kalis.  Angkat dan dinginkan.
3.    Tambahkan telur sedikit-sedikit sambil dikocok rata.  Masukkan dalam kantung plastik segitiga.  Semprot dengan spuit di loyang yang sudah dioles margarine.  Semprot bahan topping di atasnya.
4.    Oven dengan suhu 180°C selama 35 – 45 menit sampai matang dan kering. Beri filling setelah sus dingin dan menjelang disajikan.



 


 

20 komentar:

  1. Wah, terimakasih atas share resepnya ya Bu, Salam Vanilla Bean:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, bu. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  2. Bu resep ini jadi untuk berapa sus yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupa-lupa ingat tuh, mbak. Dah lama sih... Kalau gak salah 9 - 12 pcs. Sebenarnya itu tergantung besar-kecilnya sus sih,mba. Kalau kecil mungkin dapatnya agak banyak...

      Hapus
  3. Saya jadi 22 pcs an, itu topping terlalu manis, bisa dikurangin 10-15 gr gulanya mungkin. Saya nyoba resep dari internet yang pake filling coklat tapi, kulitnya sama dengan resep yg ini. Resep filling yg coklat jg terlalu manis hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih belum punya kesempatan nyoba yg filling ganache. Mungkin nanti. Filling vanilla yg saya tulis di atas InshaAllah gak terlalu manis. Tapi memang itu tergantung selera masing-masing, ya. Bagi yg merasa masih terlalu manis gulanya bisa dikurangi sesuai selera. Thanks ya mbak hikaru sudah mau berbagi pengalamannya :)

      Hapus
  4. mba kok resep nya air nya banyak bgd ya kalo dibanding sama resep sus satu lagi?hehehe

    BalasHapus
  5. eh maaf maksudnya banyakan air di resep satu lgi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di resepnya memang begitu, mbak. Kalau betul-betul ngikutin resep, in sha allah berhasil, kok... :)

      Hapus
  6. mba kalo belum mau disajikan fillingnya bisa disimpen di kulkas ga? ato hrus suhu ruang.

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang harus disimpan di kulkas, mbak hurriyah. Karena fillingnya kan pakai krim, dan dia akan meleleh kalau kena suhu hangat. Malah susnya tambah enak lho mbak dengan krim dingin :) Isi sus menjelang disajikan supaya kulitnya tidak basah. Semoga penjelasan saya membantu. Terimakasih kembali...:)

      Hapus
  7. mba aku berhasil bikin filling sma toppingnya aja.. susnya gagal total. jdinya ga ngepuff malah meleber gtu mba. kira2 apa yg salah ya mba?

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin telur yang mbak pakai ukurannya besa-besar sehingga adonannya jadi terlalu lembek/cair dari yg seharusnya. Untuk percobaan berikutnya coba masukkan telurnya 2 butir dulu, lalu kocok rata. Nah, untuk telur ketiga masukkan setengah bagian dulu, lalu kocok rata dan perhatikan tekstur adonannya apakah sudah pas atau belum. Jika adonan masih terlalu berat dan kaku, tambahkan sisa telur sedikit-sedikit sambil diperhatikan terus tekstur adonannya. Jika sudah pas, hentikan menambahkan telur. Bisa jadi telur gak dipakai semua (kalau ukurannya besar-besar). Agak susah saya menggambarkan adonan yg pas itu seperti bagaimana, tapi yg pasti adonannya lembut tapi kokoh yang kalau disendokkan atau dispuit bentuknya tetap gak berubah/melebar. Di menit-menit awal mengoven suhu juga harus panas betul supaya sus langsung mengembang bukan melebar. Jika sudah mengembang turunkan suhu oven dan lanjutkan memanggang sampai kering. Mudah-mudahan penjelasan saya membantu. Semoga sukses dengan susnya ya…! :)

      Hapus
  8. Mba mau tanya, kalo butternya di ganti margarin bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. In syaa Allah bisa, Mbak Nadia.. Tapi rasanya gak akan sama...:)

      Hapus
  9. Adonan puff nya dikocok pale mixer atau manual ya mbak?

    BalasHapus
  10. fungsi terigu dlm adonan filling utk apa ya mba?? itu adonan fillingnya kan ga dimasak lagi ya, jd apa gpp ya terigunya msh mentah gitu,.

    BalasHapus
  11. Mba tepung terigu yang dipakai apa protein rendah tinggi sedang sptnya pk protein rendah ya mb bner ga.

    BalasHapus
  12. Pakai terigu protein sedang,mbak..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...