Pages

Jumat, 05 Juli 2013

Sagu Keju



Sagu keju… kue kering yang hampir tidak pernah absen di meja kami pada saat lebaran sejak pertama kali saya ketemu resepnya.  Saat itu (mungkin sampai sekarang masih) kuker ini paling banyak dibicarakan, tentang betapa enak perpaduan manis-asin dari kejunya, tentang teksturnya yang lumer dimulut, tentang para bakul kue yang sudah banyak mendulang rupiah dengan menjual kuker ini, dll.  Resep yang paling sering dibicarakan itu adalah resep dari NCC (no wonder lah ya…:) ).  Sejak pertama merasakannya saya langsung jatuh cinta, karena memang beneran enak, persis seperti yang diceritakan di atas. 

Kemarin waktu membuka-buka lagi Majalah Sedap Pemula edisi lama, saya ketemu resep sagu keju yang sedikit berbeda dari resepnya NCC.  Yang ini ada penambahan cream cheese dan susu evaporated sebagai pengganti santan (tapi tetap saya pakai santan karena saya gak punya susu evaporated dirumah…:)).  Lalu rasanya gimana?  Tetap enak, beda tipis lah dengan yang pakai resep NCC, cuma yang ini sedikit creamy (mungkin dari cream cheese-nya). Dibawah ini resepnya…. silahkan dicoba, mumpung belum puasa…. :)



Sagu keju
sumber: majalah sedap pemula edisi 53/X/2009


Bahan:
30 gr margarin
45 gr mentega tawar dingin (saya pakai yang salted)
100 gr gula tepung
50 gr cream cheese
1 kuning telur
75 gr keju cheddar parut
250 gr tepung sagu, sangrai 10 menit di atas api kecil hingga menjadi 180 gr
50 ml susu evaporated (saya pakai santan)


Cara membuat:
1.    Kocok margarin, mentega dingin dan gula tepung selama 2 menit.  Tambahkan cream cheese.  Kocok rata.
2.    Masukkan kuning telur.  Kocok rata.  Tambahkan keju cheddar parut.  Aduk rata.
3.    Masukkan tepung sagu sambil diayak dan diaduk rata.  Tambahkan santan/susu evaporated.  Aduk rata.
4.    Masukkan dalm plastik segitiga.  Semprotkan di loyang yang sudah dioles margarin.  Oven dengan suhu 135°C selama 35 menit sampai matang.





2 komentar:

  1. klo gag pke cream cheese bs gag mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang saya gak tau tuh, mbak :( Saya belum pernah nyoba tanpa creamcheese. Takut gagal...heheh. Maklum, amatir.....

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...