Pages

Rabu, 17 Juli 2013

Ultimate Chocolate Chip Cookies




Assalamu’alaikum, teman-teman.  Apa kabar?  Sudah lama sekali ya saya tidak update blog?  Bukan karena sedang terserang bakingblue sebenarnya, tapi photoblue (emang ada istilah kayak gitu? ).  Maksudnya saya sedang malas photo-photo makanan yang saya bikin, gitu… :p.  Kalau baking sedikit-banyak sih ada.  Syukurnya ada satu-dua hasil baking saya yang dibuat sebelum Ramadhan yang belum sempat saya upload ke blog.  Jadi beberapa postingan saya kedepan adalah hasil baking saya sebelum Ramadhan itu.

Ultimate Chocolate Chip Cookies… pede banget ya tante bettycrocker ngenamain cookies ciptaannya.  Pasti beliau ini sudah pernah makan semua jenis chocolate chip cookies yang ada di Amrik sono (atau malah di dunia?) makanya bisa mengklaim seperti itu.  Sensitif banget ya lidahnya sampai bisa ngebadain gitu.  Kalau saya ditanya sih terus terang saya gak tau.  Buat saya chocolate chip cookies beda-beda tipis lah rasanya antara satu dengan yang lainnya.  Sama-sama enaknya.  Lha resepnya kan itu-itu juga, beda dijumlahnya aja.  Paling saya cuma bisa ngebedain antara yang pake butter dengan yang pake margarine.  Resep aslinya ada disini, dibawah ini resep yang sudah saya sesuaikan dan saya konversikan ke gram.  Selamat mencoba….



Ultimate Chocolate Chip Cookies


Bahan:
90 gr gula kastor
60 gr gula palem
125 gr butter + 100 gr margarine
1 btr telur
250 gr terigu
1 sdt baking soda
130 gr kacang (saya pakai kenari)
250 gr dark cooking chocolate, potong-potong kecil


Cara membuat:
1.    Kocok butter + margarine bersama gula sampai lembut dan creamy.  Tambahkan telur, kocok rata.
2.    Masukkan campuran terigu dan baking soda sambil diayak, aduk rata.  Masukkan kacang dan dcc, aduk rata lagi.
3.    Sendokkan adonan ke loyang yang sudah dioles tipis margarine.  Beri jarak karena adonan akan melebar saat dioven.  Panggang dengan suhu 180°C selama 10 menit (saya 15 menit).


Notes:
·      Adonan kuker memang agak lunak, jadi sebaiknya adonan disimpan dulu dikulkas selama ½ - 1 jam sebelum dipanggang agar tidak melebar terlalu besar saat dioven.
·      Jangan lupa memindah-mindahkan letak loyang di oven agar kuker matang sempurna dan warnanya seragam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...