Pages

Senin, 16 September 2013

Lapis Legit Kukus



Saya pernah bilang gak kalau saya punya semacam notes kecil berisi daftar makanan (cake, snack, masakan, dll) yang ingin saya buat? Well… saya punya.  Lapis legit termasuk salah satunya, tapi dengan sangat terpaksa saya tulis di urutan bagian bawah.  Alasannya ya banyak, mulai dari ketidaktegaan saya memakai telur segambreng untuk satu cake, proses pembuatannya yang lama, alasan kolesterolnya juga, dll, tapi yang paling utama sebenarnya adalah keterbatasan oven yang saya punya.  Saya cuma punya oven tangkring yang tidak punya api atasnya, sementara api atas sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan lapis legit agar cake matang sempurna dan bagian atasnya kecokelatan sehingga tiap layernya kelihatan.  Karena itu untuk sementara saya simpan dulu resep lapis legit panggangnya ya…. Sekarang kita membuat lapis legit kukus dulu.

Proses pembuatannya tetap seperti membuat lapis legit panggang, dituang dan dimatangkan selapis demi selapis. Hanya saja yang ini lapisnya tidak sebanyak yang dipanggang dan dibutuhkan taburan bumbu spekuk agar tiap lapisnya kelihatan.  Meski layernya sedikit, tetep aja kemarin saya gak sabar waktu membuatnya. Saya gak bagi 6 adonannya (seperti yang diminta resep), tapi saya tuang berdasarkan perasaan saja (jadinya malah 7 lapis), trus lapis yang bawah belum set saya sudah tuang adonan baru, jadinya ya adonannya nyatu dan gak ada lapisannya.  Coba lihat lapisan paling atas, lebih tebal, kan?  Karena adonannya nyatu dengan yang di bawahnya.  Jangan tiru saya ya! Patuhi resep supaya hasilnya bagus :-)



Lapis Legit Kukus
Sumber: majalah Sedap ed. 9/VII/2006


Bahan:
175 gr margarine (saya: 75 gr butter + 100 gr margarine)
6 kuning telur
2 putih telur
100 gr gula pasir
110 gr terigu protein sedang
15 gr tepung maizena
50 gr white cooking chocolate, lelehkan
1 sdt bumbu spekuk

Cara membuat:
1.    Kocok margarine sampai putih.  Campur dengan white cooking chocolate leleh.  Sisihkan.
2.    Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang.  Tambahkan tepung terigu dan maizena sambil diayak dan diaduk rata. 
3.    Tuang ke dalam adonan margarine & white cooking chocolate.  Aduk perlahan.  Bagi 6 adonan.
4.    Tuang 1 bagian ke loyang 18x18x4 cm yang dioles margarine dan dialas kertas roti.  Ratakan lalu taburi dengan bumbu spekuk dengan cara diayak.  Kukus selama 5 menit.  Tuang adonan lagi, taburi bumbu spekuk dan kukus lagi 5 menit.  Lakukan sampai adonan habis.  Terakhir kukus 10 menit.


Note: Setiap kali menuang adonan, aduk perlahan agar adonan kembali manyatu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...