Pages

Rabu, 25 September 2013

Putri Salju Cokelat




Ini salah satu cookies yang saya buat lebaran kemarin.  Yep....ini artinya postingan telat ceritanya :p  karena sebenarnya memang saya gak punya rencana untuk posting resep kue kering lebaran saya.  Lagi pula kue kering yang saya buat juga bukan yang ‘aneh-aneh’, yang biasa aja kok…. Semisal kue kacang jadul, sagu keju, nastar, yang resepnya banyak beredar di internet dan beberapa juga sudah pernah saya posting di blog, kecuali putri salju cokelat ini.

Awalnya saya mencari resep putri salju di internet, dapat banyak memang… tapi rata-rata menggunakan kacang mede di dalam resepnya dan bukan ini yang saya cari.  Maunya saya resep putri salju yang gak pake kacang di dalamnya.  Setelah resep yang saya maksud gak ketemu di internet,  pencarian selanjutnya adalah koleksi buku-buku resep dan majalah-majalah kuliner saya.  Akhirnya resep yang saya cari ketemu di Majalah Sedap edisi lama, kue kering putri salju yang gak pake kacang tapi dimodifikasi dengan menambahkan cokelat bubuk.  Jadi resep itulah yang saya gunakan, dan di bawah ini adalah resep itu yang sedikit mendapat ‘sentuhan’ dari saya…. : )




Putri Salju Cokelat
Sumber: majalah Sedap ed. 9/IX/2008


Bahan:
120 gr butter
180 gr margarine
150 gr gula tepung
150 gr dark cooking chocolate, lelehkan
1 btr telur
500 gr terigu protein rendah
50 gr cokelat bubuk
1 sdt baking powder

Taburan:
Gula mint (gula donat)


Cara membuat:
1.    Kocok butter, margarine dan gula tepung 30 detik.  Masukkan DCC leleh.  Kocok rata.  Tambahkan telur, kocok rata.
2.    Masukkan terigu, cokelat bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3.    Giling adonan setebal ½ cm.  Cetak dengan cookie cutter.  Letakkan di loyang yang sudah dioles margarine.
4.    Oven 20 menit dengan suhu 160°C sampai matang. 
5.    Gulingkan di bahan taburan saat masih hangat.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...