Pages

Senin, 07 Oktober 2013

Caramel Custard Pudding



Assalamu’alaikum..... Apa kabar teman-teman semua?  Sedang musim apa di kota kalian sekarang?  Kalau di Medan sedang musim mati lampu....:(  Udah pada lihat beritanya di tv, kan?  Jadi berita nasional tuh.  Karena itu untuk sementa si mixer lebih banyak libur sekarang.  Kalau mau coba-coba resep pun harus dicari yang gak pake proses memixer, atau kalau pun dimixer tapi gak lama.  Takut kalau-kalau sedang mengocok 9 btr telur trus lampunya mati, bakal nangis saya buang-buang bahan sebanyak itu..... 

Untuk mencoba buat caramel custard pudding ini pun saya rubah sedikit caranya, karena pas waktu itu dapat giliran mati lampu.  Aslinya telur dikocok dulu dengan sebagian gula sebelum dicampur dengan susu, seperti di resep yang ini, sementara saya kocok telurnya pake garpu saja.  Lengkapnya seperti di bawah ini....



Caramel Custard Pudding


Bahan:
Sirup karamel:
75 gr gula pasir
3 sdm air panas

Custard:
500 ml susu cair
50 gr gula pasir
3 btr telur, kocok lepas
½ sdt vanilla essens (saya pakai vanilla bean)


Cara membuat:
1.   Oles mangkuk ramekin dengan margarin tipis-tipis.  Sisihkan.  Panaskan oven dengan suhu 190°C.
2.   Sirup caramel: lelehkan gula dengan api kecil sampai kuning kecoklatan, tambahkan air, aduk rata.  Matikan api.  Tuang ke ramekin sama banyak.  Sisihkan.
3.   Custard: panaskan susu dan gula dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai gula larut (tidak perlu sampai mendidih).  Matikan api. 
4.   Masukkan telur dan vanilla.  Aduk rata, lalu saring.  Tuang adonan custard ke dalam ramekin.  Oven dengan suhu 190°C selama 35 – 45 menit.
5.   Keluarkan pudding dari oven.  Biarkan dingin.  Masukkan ke dalam kulkas dulu sebelum dihidangkan.


Hasil: 6 porsi




Terus terang saya masih belum puas dengan hasil akhir pudding ini.  Kalau dari segi rasa sih sudah oke, lembut dan bau telurnya tidak begitu terasa, tapi dari segi penampilan masih kurang oke.  Seharusnya penampilan puddingnya mulus luar-dalam, tapi punya saya ada lubang-lubang kecil di bagian luarnya.  Saya curiga apinya terlalu panas di oven saya sehingga caramelnya mendidih dan membuat gelembung yang mengakibatkan lubang di bagian luar pudding.  Mungkin next time suhunya saya kurangi dan waktu pemanggangan ditambah.




 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...