Pages

Senin, 04 November 2013

Banana Yeast Cake



Brrrr…. Udara dingin banget hari ini !  Memang beberapa minggu belakangan ini Kota Medan dan sekitarnya diguyur hujan lebat.  Bahkan di beberapa tempat mengalami banjir.  Hikh….. ikut sedih mendengarnya.... :( .  Kadang hujan turun di pagi hari waktu saya mau berangkat kerja, kadang sorenya waktu saya pulang, dan kadang hujan turun berulang-ulang seharian yang membuat saya berangkat dan pulang kantor dalam keadaan sedikit basah kena tempias hujan.  Bisa dimaklumi kalau akhirnya virus flu masuk dengan mudah ke tubuh saya.....heheh :p

Meski kurang enak badan, karena bosan tiduran terus tadi saya sempatkan membuat cake.    Kali ini  Banana Yeast Cake.  Dari namanya bisa ditebak kalau cake ini perpaduan antara roti dan cake.  Adonannya pun difermentasikan juga selama 45 menit sebelum dioven.  Pada tahap ini cake akan sedkit mengembang, tapi tidak akan mengembang banyak seperti adonan roti, ya.  Mengembangnya cuma sedikit.  Karena itu isi loyang cakenya ¾ penuh saja.


Karena penasaran dengan rasa dan tekstur cake ini (ingat... ini cake ‘perkawinan’ antara roti dan cake),  saat masih hangat saya makan sebuah.  Rasanya enak, tekturnya lembut seperti roti yang baru matang.  Saya makan 2 buah sekaligus...hehe. Tadi selepas maghrib saya makan lagi satu.  Ternyata setelah dingin cake ini menjadi padat dan teksturnya menjadi seperti butter cake.  Hmmm... interesting cake.  Coba yuk....!.  Haaatcihhh.... (masih flu...butuh istirahat....:) )


Banana Yeast Cake
Sumber: Buku Cantiknya Kue-Kue Mungil


Bahan biang:
1 sdt ragi instan
1 sdt gula pasir
75 ml susu cair hangat

Bahan:
150 gr margarin
75 gr gula  pasir
50 gr gula palem
100 gr pisang ambon, haluskan (saya pakai 200gr)
5 tetes esens pisang (saya gak pakai)
3 btr telur
225 gr terigu protein sedang
1 sdt kayumanis bubuk
50 gr kismis (saya pakai 75 gr cokelat chip)


Cara membuat:
1.   Biang: aduk rata bahan biang.  Diamkan 15 menit.
2.   Kocok margarin, gula pasir dan gula palem sampai lembut.  Masukkan pisang, esens pisang dan biang.  Kocok rata.
3.   Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
4.   Masukkan sisa tepung terigu dan kayumanis bubuk sambil diayak dan diaduk rata.  Tambahkan kismis.  Aduk rata.
5.   Tuang di loyang tulban kecil yang dioles margarin.  Diamkan 45 menit.
6.   Oven 20 menit dengan suhu 190°C





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...