Pages

Sabtu, 16 November 2013

Chocolate Cheese Muffin



Belakangan ini saya sedang senang mencoba-coba resep dari dari Majalah Sedap dan buku – buku terbitannya.  Sebenarnya bukan cuma belakangan ini aja deh, tapi saya memang dari dulu senang dengan resep-resep di majalah ini terutama resep penganan manisnya.  Kalau membuat cake, cookies, dessert dan semacamnya memakai resep dari Majalah Sedap ini saya gak perlu mengurangi gulanya segala karena manisnya sudah pas dengan selera saya.  Bahan-bahan yang dipakai juga bahan yang biasa kita jumpai di supermarket atau toko bahan kue, jadi gak susah nyarinya.  Tambahan lagi makin kesini foto-fotonya juga makin keren deh….!  Hehee…kedengeran kayak iklan ya?  Gak kok, ini cuma pendapat pribadi saya aja dan saya gak dibayar buat nulis ini  (eh, tapi saya gak nolak kok kalau pihak Majalah Sedapnya kebetulan baca trus bayar saya karena udah nulis ini ;-) …ngareeep :p


Resep kali ini juga diambil dari salah satu buku keluaran Sedap.  Meski muffin ini dibuat dengan cara yang sama dengan muffin a la Amerika itu, tapi teksturnya beda.  Biasanya kan muffin yang dibuat dengan metode bahannya cemplung-cemplung semua (gak pake dikocok dengan mixer) teksturnya akan padat dan cenderung keras, tapi yang ini tidak seperti itu.  Teksturnya mirip cake (butter cake).  Enak deh pokoknya…. dan gampang juga membuatnya !



Chocolate Cheese Muffin
Sumber: Cantiknya Kue-Kue Mungil (Sedap)


Bahan I:
150 gr cream cheese
50 gr gula tepung
1 btr telur kocok lepas
¼ sdt air keruk lemon

Bahan II:
150 gr terigu protein sedang
25 gr cokelat bubuk
½ sdt baking powder
100 gr gula pasir halus (atau gula pasir biasa yang diblender)
¼ sdt garam (saya skip)
1 btr telur
100 ml susu cair
50 gr mentega tawar, lelehkan (saya pakai yang salted)
100 DCC, lelehkan.


Cara membuat:
1.   Bahan I: kocok cream cheese dan gula tepung sampai rata.  Tambahkan telur dan air lemon.  Kocok rata.  Sisihkan.
2.   Bahan II: ayak tepung terigu, cokelat bubuk dan baking powder.  Tambahkan gula pasir halus.  Aduk rata.  Sisihkan.
3.   Kocok lepas telur, susu cair dan mentega leleh.  Tambahkan DCC leleh.  Aduk rata.
4.   Tuang ke campuran terigu sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tuang ke cetakan muffin kecil yang dialas cup kertas.
5.   Sendokkan bahan I di tengahnya.  Buat marble dengan tusuk gigi.
6.   Oven 20 menit dengan suhu 190°C.







2 komentar:

  1. Salam kenal mba... seneng deh liat koleksi resepnya dapur vanila.. fotonya cantik2 dan bikin ngiler... baru ketemu uda lgsg jatuh cinta, apalagi di tambah celotehnya mba lisa yg lucu.. ijin copas y mba? kpn ada waktu senggang mau coba resepnya... syukran y.. mdh2an ilmunya barokah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal balik, Mbak Ulfa. Terimakasih apresiasinya :) Silahkan dicopas dan dipraktekkan juga ya. Saya lucu? Kayak Sule dong....? :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...