Pages

Minggu, 24 November 2013

Coconut & Oatmeal Cookies



Rasa-rasanya hampir semua orang tahu tentang manfaat oatmeal untuk tubuh manusia.  Saya juga tahu, yang saya gak tahu adalah gimana caranya membuat bubur oatmeal yang enak dan edible buat saya.  Diolah jadi bubur gurih sudah, jadi bubur manis juga sudah, tapi tetap saja saya gak bisa menghabiskan satu mangkuk bubur oatmeal sampai tuntas.  Buat saya bukan masalah rasanya, tapi teksturnya yang lembek dan lengket itu yang sangat mengganggu.  Jadi akhirnya saya putuskan untuk mengolah oatmeal dengan cara lain saja.  Diolah menjadi cake, granola bars, cookies atau yang lain asal bukan bubur.   Dengan cara seperti ini saya bisa menikmati oatmeal dengan enjoy se-enjoy saya membuatnya :)

Saya bukan orang yang ahli mengutak-atik resep apalagi membuat resep cake atau cookies sendiri.  Penyesuaian yang paling sering saya lakukan dari satu resep adalah mengurangi atau menambah gulanya (paling sering mengurangi gulanya).  Nah, resep oatmeal cookies di bawah ini adalah ‘perombakan’ resep paling banyak yang saya lakukan, sampai saya lupa resep aslinya.  Sudah  beberapa kali saya buat dengan mengutak-atik beberapa bahan sesuai dengan ketersediaan bahan yang saya punya waktu membuatnya.  Seperti kemarin, karena saya masih punya sedikit kelapa kering sisa lebaran yang lalu, maka oatmealnya saya kurangi dan ganti dengan kelapa kering dengan jumlah yang sama.  Kalau dulu saya pernah membuat oatmeal raisin cookies yang chewy teksturnya, yang ini bisa dibilang versi crunchy-nya.  Saya suka keduanya, sama asiknya, sama enaknya….:)




Coconut & Oatmeal Cookies


Bahan:
125 gr tepung terigu
20 gr susu bubuk
¾ sdt baking powder
½ sdt baking soda
80 gr butter dingin
120 gr margarine
60 gr gula tepung
40 gr gula palem
1 btr telur
1 sdt vanilla bubuk
150 gr oatmeal
75 gr kelapa kering, sangrai sebentar
100 gr dark cooking chocolate, cincang kasar (bisa diganti cokelat chip)


Cara membuat:
1.   Campur terigu, susu bubuk, baking powder dan baking soda.  Ayak.  Sisihkan.
2.   Kocok butter dan margarine bersama gula tepung dan gula palem selama 3 menit sampai creamy.  Masukkan telur dan vanilli bubuk.  Kocok rata. 
3.   Tambahkan campuran tepung, aduk rata dengan spatula. Tambahkan oatmeal dan kelapa kering, aduk rata.  Terakhir masukkan dcc cincang, aduk sampai menyebar.
4.   Bulatkan adonan dengan bantuan dua buah sendok.  Taruh di loyang yang sudah dioles dengan margarine.  Pipihkan sedikit dengan punggung sendok.
5.   Oven dengan suhu 160°C selama 20 – 25 menit.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...