Pages

Selasa, 03 Desember 2013

Brownies Ketan Hitam Dua Lapis



Kemarin Kak Ira, sepupu saya, dan para bocilnya datang ke rumah dan nanya tepung ketan hitam yang pernah dia kasih ke saya sudah dibikinkan kue, belum.  Oalaah….saya baru ingat kalau Kak Ira pernah kasih saya sebungkus tepung ketan hitam Ramadhan lalu (lama ya! :)  ).  Waktu itu karena sedang puasa saya gak selera mau bikin cake.  Jadi tepung ketan hitamnya disimpan dulu. Eh gak taunya kelupaan sampai diingatkan lagi sama Kak Ira.

Alhamdulillah setelah saya cek tepung ketan hitamnya masih belum expired.  Jadi kemarin itu malam-malam saya sama Kak Ira bikin brownies ini.  Dia yang bagian nimbangin bahan dan saya yang bikin browniesnya.  Lumayan cepat jadinya karena dikerjakan berdua.   Begitu matang langsung diserbu sama para keponakan kecil saya….:)




Brownies Ketan Hitam Dua Lapis
Sumber: majalah sedap  ed. 11/X/2009


Bahan I
100 gr mentega tawar (saya pakai yang salted)
200 gr dark cooking chocolate, potong-potong
3 btr telur
¼ sdt garam (saya skip)
125 gr gula pasir
75 gr tepung ketan hitam
25 gr cokelat bubuk
½ sdt baking powder

Bahan II
100 gr mentega tawar (saya pakai yang salted)
¼ sdt garam (saya skip)
150 gr white cooking chocolate, potong-potong
3 btr telur
100 gr gula pasir
75 gr tepung ketan putih
25 gr tepung maizena
½ sdt baking powder

Bahan taburan
20 gr almond slice (saya pakai almond stik)


Cara membuat:
1.   Bahan I: panaskan mentega.  Matikan api.  Masukkan potongan cokelat.  Aduk sampai larut.  Biarkan kental.
2.   Kocok telur dan gula pasir  2 menit sampai kental.  Tambahkan larutan dcc sedikit-sedikit sambil dikocok sampai kental.
3.   Masukkan tepung ketan hitam, cokelat bubuk dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata.
4.   Tuang di loyang 22x22x4 cm yang dioles margarine dan dialas kertas roti.  Oven 10 menit dengan suhu 180°C sampai setengah matang asal berkulit. 
5.   Bahan II: buat dengan cara yang sama dengan bahan I.
6.   Tuang di atas lapisan I.  Tabur almond atasnya.  Oven lagi 40 menit sampai matang.





  

2 komentar:

  1. waaaaah unik ini mbak, double ketan. Kreatif nih mbak Lisa ^^ udah kebayang aja rasanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya blog saya dikunjungi Mbak Hesti :) Iya Mbak, yg bikin resep kreatif ya. Jadinya brownies cita rasa Indonesia banget. Legit khas cake yg terbuat dari tepung ketan.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...