Pages

Selasa, 10 Desember 2013

Orange Cream Cake



Ternyata cake rasa orange itu enak juga ya.  Baru tahu karena baru pertama kali bikin soalnya…..heheee.  Biasanya jenis citrus-citrusan yang sering saya pakai untuk cake atau cookies adalah lemon.  Dan sebenarnya pun cake ini adalah cake lemon yang saya ganti dengan orange karena adanya itu di kulkas.  Untuk mendapatkan rasa orange yang kuat pada cake selain jus orange juga ditambahkan parutan kulitnya karena bagian orange atau lemon yang paling kuat aromanya adalah bagian kulitnya.  Tapi jangan diparut sampai kena kulit bagian putihnya, ya.  Karena akan membuat cake jadi pahit.


Cake ini dibuat dengan metode putih dan kuning telurnya dikocok terpisah.  Dengan begini akan didapat cake dengan tekstur lembut dan tidak terlalu padat.  Sangat enak saat masih hangat, lembuuut banget.  Sebelum dikocok dengan butter dan margarine, gula terlebih dahulu saya campur dengan kulit jeruk dan sedikit vanilla powder (dari vanilla pod yang dihaluskan) dan diremas-remas dengan ujung jari sebentar agar hasil cake lebih harum orange-vanilla (dulu pernah baca cara ini di salah satu blog….lupa namanya :( ).  Oya, bagian atas cake sebenarnya saya beri jeruk yang diiris bulat melintang, tapi begitu dioven saat adonan cakenya naik jeruknya malah tenggelam, jadinya gak kelihatan deh :( .  Resep di bawah ini adalah yang sudah dapat ‘sentuhan’ alias modifikasi dari saya.  Silahkan dicoba…….


Orange Cream Cake
Sumber: majalah sedap  ed. 3/IX/2008
Modified by me


Bahan:
150 gr gula pasir halus
1 buah jeruk, parut kulitnya
¼ sdt vanilla powder
125 gr salted butter dingin
125 gr margarine
4 kuning telur
200 gr terigu protein sedang
50 gr tepung maizena
2 sdt baking powder
100 gr krim kental
1 sdm air jeruk orange
6 putih telur
50 gr gula pasir


Cara membuat:
1.   Campur gula (yang 150 gr), vanilla powder dan kulit jeruk.  Remas-remas dengan ujung jari sampai tercampur rata.  Biarkan selama ± 20 menit sementara menimbang bahan yang lain.
2.   Kocok butter, margarine dan gula sampai lembut.  Tambahkan kuning telur satu per satu.  Kocok rata.
3.   Masukkan terigu, maizena dan baking powder bergantian dengan krim kental sambil diayak dan dikocok perlahan.  Tambahkan air jeruk.  Kocok rata.  Sisihkan.
4.   Kocok putih telur sampai setengah mengembang.  Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.  Tuang ke campuran terigu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
5.   Tuang ke  2 buah loyang loaf ukuran  24x9x7 cm yang sudah dialas kertas roti.  Oven selama 40 menit dengan suhu 180°C sampai matang.







2 komentar:

  1. heummm,,,sedep mbk,ohya,ngedit foto pake apa mbk??penasaran sama tulisan yang di kotak hehe,bukan tulisannya tapi kotak trasparannya...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pake photoshop, Mbak Hana. Ada buttonnya disisi sebelah kiri kalo gak salah namaya rectangel toll (pilihannya ada line, polygon, elipse, dll), trus opacitynya dikurangi sampe 'tipis' jadinya transparan. Maaf saya gak terlalu pandai menjelaskannya. Semoga Mbak Hana mengerti maksud saya ya :). Thanks udah mampir ya, mbak......* hug

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...