Pages

Selasa, 17 Desember 2013

Pineapple Upside-down Cake



Ini ni cake yang setiap saya mau bikin batal terus.   Satu hari saya pernah sudah niat banget mau bikin, trus saya nitip sama ibu buat beli nenas di pasar.  Tapi ternyata setelah dikupas nenasnya aseeem banget, akhirnya dibikin  rujak :p.   Dilain hari ibu pulang dari pasar membawa 2 buah nenas, kata ibu yang jual bilang nenasnya pasti manis.  Lebih manis dari yang sebelumnya memang, tapi gak cukup manis untuk dibikin cake.   Akhirnya si nenas ‘disulap’ jadi selai….hehee.  Sampai akhirnya saya berhenti mikirin ini cake karena susah banget dapatin nenas yang manisnya cukup untuk dibuatkan cake.  Saya berhenti tapi ternyata ibu saya gak, karena kemarin ibu beli lagi 2 buah nenas yang kelihatannya bagus banget.   Kuning cantik dan matanya sudah berjauhan, kata yang jual itu tanda nenas yang matang di pohon.  Satu dikupas dan ternyata memang manis, jadi kami makan begitu aja, gak pake dijadikan rujak atau selai nenas lagi :)  Satunya lagi saya eksekusi untuk bikin cake ini.  Thanks, Bu…!


Kalau kita lihat di internet banyak macam buah yang bisa dibuat cake model jungkir-balik a.k.a upside-down ini.  Ada yang pakai buah peach, pear, cherry, fig (tiin), pisang juga bisa, bahkan ada yang buat pakai ubi ungu (ini bukan buah ya..:) ).  Pokoknya suka-suka yang bikin deh…!  Apa….? Pakai buah durian….?  Saya belum nemu tuh ada yang pakai buah durian.  Ada yang berani eksperimen….?  Hehehe…..

 
Untuk topping nenasnya, supaya rasanya makin asik sebelum disusun di dasar loyang terlebih dahulu saya campur dengan gula palem yang dimasak sebentar dengan butter.  Sementara cakenya adalah cake model butter cake yang resepnya saya ambil dari buku keluaran Saji.  Resepnya seperti di bawah ini…. Enak Banget!


Pineapple Upside-down Cake


Bahan:

Topping nenas:
1 bh nenas matang
32 gr gula pasir
38 gr gula palem
2 sdm butter
2 sdm air

Cake:
80 gr butter dingin
120 gr margarine
120 gr gula pasir halus
4 btr telur
180 gr terigu protein sedang
¼ sdt baking powder


Cara membuat:
1.   Topping nenas: kupas nenas, buang matanya, potong-potong bulat, lalu cuci.  Buang bagian tengahnya dan potong empat.  Sisihkan.
2.   Campur gula, butter dan air dalam panci kecil.  Panaskan dengan api sedang sampai mendidih.  Tuang ke Loyang 22 x 22 x 4 cm yang sudah dialasi alumunium foil.  Tata nenas.  Sisihkan.
3.   Cake: kocok butter, margarine dan gula sampai lembut.  Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu, kocok rata. 
4.   Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata.
5.   Tuang ke loyang yang sudah berisi susunan nenas.  Oven dengan suhu 180°C selama 30 – 35 menit sampai matang.
6.   Keluarkan cake dari loyang setelah agak dingin.







2 komentar:

  1. wah,enak nih kayaknya...catetttt hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, emang enak ini Mbak Hana. Buruan dicoba.... Semoga suka juga ya :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...