Pages

Minggu, 28 April 2013

Oreo Cheese Cake Kukus




Pas ketemu resep ini pas banget waktu saya punya sebungkus oreo.  Selain itu saya juga penasaran gimana rasanya oreo dicampur ke adonan cake.  Pasti ada krenyes-krenyesnya pikir saya waktu itu.  Ternyata saya salah teman-teman, ternyata oreonya jadi lunak, sama teksturnya seperti cake dan gampang dipotong juga jadinya.

Saya suka cake-nya.  Enak, lembut dan gurih.  Mungkin karena pakai santan itu kali, ya?  Trus, ditengahnya juga ada lapisan kejunya.  Enak lah pokoknya : )  Cuma ada satu kurangnya, setelah hari kedua kelembutan cake-nya berkurang dan cenderung kering jadinya.  Apa karena kemarin saya biarkan di dalam lemari dalam keadaan terbuka?  Entahlah….   Jadi supaya hal yang sama tidak terjadi ke teman-teman, saya sarankan untuk menyimpan cake ini dalam wadah tertutup rapat, ya…:)  Seperti biasa, resep saya dapatkan dari Majalah Sedap Sekejap ed. 69/XIII/2012.  Judul aslinya oreo cheese cake.  Karena untuk membedakan dengan oreo cheese cake yang dipanggang itu, saya tambahkan kata ‘kukus’ dibelakangnya karena cheese cake yang satu ini proses pematangannya memang dengan cara dikukus.




Oreo Cheese Cake Kukus


Bahan:
7 btr telur
130 gr gula pasir halus
¼ sdt garam
½ sdm emulsifier
175 gr terigu protein rendah
25 gr susu bubuk
½ sdt baking powder
100 ml santan kental instan
50 gr margarin, lelehkan (saya pakai butter)
100 gr oreo tanpa krim, cincang kasar

Bahan lapisan: 4 lbr keju slice


Cara membuat:
1.    Campur terigu, susu bubuk dan baking powder.  Ayak.  Sisihkan
2.    Campur santan dan margarin/butter leleh. Aduk rata.  Sisihkan.
3.    Kocok telur, gula, garam dan emulsifier sampai mengembang.  Masukkan campuran terigu sambil diayak dan diaduk perlahan.  Tambahkan campuran margarin, aduk rata. Masukkan oreo, aduk rata lagi.
4.    Tuang ½ bagian di loyang kotak 22 x 22 x 7 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
5.    Kukus di atas api sedang selama 15 menit.  Tata keju.  Tuang sisa adonan.  Kukus lagi selama 25 menit sampai matang.
 



       

Sabtu, 20 April 2013

Spaghetti Aglio E Olio



Sebenarnya lebih tepat judulnya Spaghetti Aglio E Olio Lebay…:), karena menurut Wikipedia pasta aglio e olio artinya adalah pasta yang dimasak bersama bawang putih dan minyak (zaitun). Kalau mau ditambah pun hanya parsley atau keju saja. Sementara yang saya buat kemarin ada tambahan paprika merah, tomat cherry (merah dan kuning), daging asap dan black pepper (i love black pepper). Berlebihan sekali, kan?   Tapi buat saya kalau cuma bawang putih dan minyak zaitun rasanya kurang nendang.  Maka saya tambahkan lah sayuran dan dagingnya.  Lengkap, kan ?  Ada karbohidrat, protein dan seratnya juga dari sayuran. 

Kalau mau membuat sesuatu dari pasta yang simple dan cepat, pasta aglio e olio memang pilihan yang pas.  Gak perlu membuat sausnya segala seperti pasta bolognese atau marinara.  Cukup ditumis dengan minyak zaitun dan bawang putih, dan masukkan bahan-bahan tambahan yang kita suka atau yang kebetulan sedang ada stok di rumah.  Daging yang dipakai menurut saya sih bisa apa aja.  Bisa smoked beef, sosis, bakso atau ayam cincang mungkin?  Saya bahkan pernah ketemu resep pasta aglio e olio yang ditambahkan anchovy (itu semacam ikan sarden kita kalo gak salah).  See, bisa apa aja, kan?  Kebetulan kemarin saya sedang punya smoked beef, tomat cherry dan ¼ buah paprika.  Jadilah mereka dimasukkan semua.  Di bawah ini resep spaghetti aglio e olio a la saya….. 


Spaghetti Aglio E Olio

Bahan:
75 gr spaghetti, rebus matang
Minyak zaitun secukupnya untuk menumis
2 siung bawang putih, iris tipis atau cincang halus
¼ bh paprika merah, cincang halus
Satu genggam tomat cherry, belay dua
2 lbr smoked beef
½ sdt merica hitam bulat, sangrai dan giling kasar
Secubit garam atau sesuai selera

Cara membuat:
1.    Tumis bawang putih bersama minyak zaitun sampai harum.  Masukkan paprika dan tomat cherry.  Masak sebentar sampai agak layu.  Masukkan smoked beef.  Masak sebentar.
2.    Masukkan spaghetti, aduk rata.  Tambahkan merica hitam dan garam sesuai selera.  Aduk rata lagi.  Hidangkan.  Siap disantap.


Hasil: 1 porsi



Minggu, 07 April 2013

Kue Lumpur Gula Merah




Ini dia laporan saya kemarin untuk ikutan NCCJTIW (NCC Jajan Tradisional Indonesia Week), Kue Lumpur Gula Merah.  Terus terang, waktu pengen ikutan event ini saya mikirnya agak lama mau bikin jajanan pasar apa.  Bukan karena sangkin banyaknya macam jajan pasar yang bisa saya bikin sampai saya bingung milihnya.  Tapi karena memang gak banyak jajan pasar yang bisa saya bikin, dan saya masih usaha terus supaya bisa.  Kalau makannya sih saya sering… :)  Nah, diantara yang sedikit itu saya memutuskan untuk membuat kue lumpur aja.  Dulu saya pernah membuat kue ini dan berhasil, dari segi bentuk maupun rasa  Kalau dulu saya membuat kue lumpur pakai loyang kue lumpur ukuran standard, sekarang saya membuatnya ukuran mungil, pakai loyang poffertjes.  Cantik juga lho kue lumpurnya imut-imut begini.  Satu lagi, separuh gulanya saya ganti dengan gula merah supaya lebih gurih.  Resep yang saya pakai adalah resep dari Majalah Sedap Pemula (lupa edisi berapa karena resepnya sudah saya salin ke buku) yang sedikit saya modifikasi.  Berikut resepnya….




Kue Lumpur Gula Merah 


Bahan:
40 gr margarin
125 ml air
80 gr terigu protein sedang
30 gr gula pasir
45 gr gula merah, sisir halus
1/8 sdt garam
75 gr kentang, kukus, haluskan
3 btr telur
175 ml santan dari ¼ btr kelapa
Kacang kenari secukupnya untuk taburan


Cara membuat:
1.    Rebus sebagian santan dan gula merah sambil diaduk sampai gulanya larut.  Saring.  Masukkan sisa santan, aduk rata.  Sisihkan.
2.    Panaskan margarin dan air sambil diaduk sampai mendidih.
3.    Masukkan terigu, gula, garam dan kentang.  Aduk rata.  Dinginkan.
4.    Tambahkan telur satu per satu sambil dikocok rata.  Tambahkan larutan santan dan gula merah sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
5.    Panaskan cetakan poffertjes.  Oles dengan margarin (cukup sekali saja di awal).  Tuang adonan ke dalamnya.  Tutup cetakan.  Panggang kue sampai setengah matang dengan api sedang.  Taburkan kenari.  Panggang lagi sampai matang.


 


Senengnyaaaa saya dapat badge cantik seperti di bawah ini.  Thanks ibu-ibu host….:-D






Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...