Pages

Senin, 24 Juni 2013

Congo Bars



Cuaca Kota Medan akhir-akhir ini panaaas banget.  Bahkan malamnya juga.  Kalau gak ada urusan yang penting-penting amat rasanya malas keluar rumah.  Mending di rumah aja ngadem sambil nyetel AC atau kipas angin.  Mungkin karena terbawa suasana panas ini pula saya agak malas untuk baking.  Tapi karena sudah menjadi kebiasaan, hari minggu kemarin saya paksakan juga untuk membuat sesuatu.  Sesuatu yang ringkas dan enak, jadi saya gak perlu berlama-lama di depan oven, dan sesuatu itu adalah  Congo Bars ini.  Kebetulan semua bahan ada di rumah kecuali cokelat chip, tapi itu gak masalah karena bisa diganti dengan DCC yang saya potong kecil-kecil.  Kalau teman-teman mau membuat dengan resep aslinya ada disini.  Yang di bawah ini adalah resep untuk 2 telur dan sudah saya konversikan ke gram.



Congo Bars

Bahan:
198 gr terigu protein sedang
1 sdt baking powder
98 gr butter (50 gr butter + 48 gr margarin)
125 gr gula (50 gr gula pasir + 75 gr gula palem)
2 btr telur
150 gr cokelat chip (saya pakai dark cooking cokelat yang dipotong kotak- kotak kecil)
75 gr kacang, cincang kasar (saya pakai kenari)


Cara membuat:
1.    Campur dan ayak terigu dan baking powder.  Sisihkan.
2.    Kocok butter, margarin dan gula sampai pucat dan lembut.  Tambahkan telur satu per satu, kocok rata.  Masukkan tepung terigu.  Aduk rata. Masukkan cokelat chip dan kacang.  Aduk rata.
3.    Tuang ke loyang 22x22x3 cm yang sudah dialas kerta roti, ratakan. Oven dengan suhu 170°C selama 25 – 30 menit.







Selasa, 18 Juni 2013

Bread Pudding



Bread pudding ini saya buat dengan resep yang sama waktu saya membuat bread pudding dari roti saya yang ‘bantat’ dulu.  Kalau kemarin saya membuatnya karena ‘terpaksa’ agar rotinya tidak terbuang percuma, sekarang saya membuatnya karena memang disengaja.  Memang sudah diniatkan.

Waktu membuat ini saya melakukan penyesuaian di resep dan cara pembuatannya.  Di resep aslinya roti yang dipakai adalah baguette, tapi yang saya pakai adalah roti tawar biasa, telur yang saya gunakan 3 butir telur utuh (karena saya sayang menyisakan putih telur), dan beberapa penyesuaian lainnya, dan bread pudding ini saya matangkan dengan cara dioven langsung (tidak dengan teknik au bain marie/ ditim).  Yang butuh resep aslinya ada di sini. Yang dibawah ini adalah resep yang sudah saya sesuaikan dengan selera saya.



Bread Pudding


Bahan:
12  lbr roti tawar, potong kotak
3 btr telur, kocok lepas
50 gr gula kastor
300 ml susu cair
300 ml whipped cream cair
50 gr kismis, rendam sebentar dengan air panas, lalu tiriskan
Keju atau almond untuk topping


Cara membuat:
1.    Oles pinggan tahan panas dengan margarin.  Sisihkan.
2.    Campur telur dan gula pasir, aduk rata sampai gula larut.  Masukkan susu dan whipped cream, aduk rata.
3.    Taruh roti tawar di pinggan tahan panas, tuang adonan custard secara perlahan.  Taburi kismis.  Tekan-tekan potongan roti agar roti terendam adonan custard seluruhnya.
4.    Diamkan selama ± 20 menit sampai roti menyerap seluruh adonan custard.  Taburi atasnya dengan bahan topping.  Oven dengan suhu 180°C selama 30 – 35 menit sampai kecokelatan.





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...