Pages

Selasa, 20 Agustus 2013

Singkong Thailand




Hellooo world…..!  Apa kabar dunia perblog-an nih, sudah lama gak clingak-clinguk kesini, padahal saya tuan yang punya rumah :p  ampun deh!!  Sebulan lebih saya gak kemari….hahaaa….rekor nih…!  Tapi yah itulah namanya Lebaran, membuat semua orang larut dalam suasananya, ya silaturahimnya…ya ngumpul-ngumpulnya…ya makanannya…ya angpaonya (ini gak boleh ketinggalan…hihihi..)….pokoknya semua yang berbau lebaran lah.  Kalau diukur pake perasaan sih, sebentar sekali rasanya waktu buat ngumpul-ngumpul dengan saudara atau teman yang mudik ke Medan.  Baruuu aja sebentar ngobrol ini-itu… jalan bareng sana-sini….eh tau-tau mereka dah harus balik hilir (lawannya mudik) lagi.  Semoga Allah memberi kita umur panjang dan kita bisa ketemu lagi Lebaran tahun depan…Aaamiiin.

Nah, ngomongin postingan saya hari ini, namanya Singkong Thailand.  Gak tau deh ini memang dessert asli Thailand atau cuma penamaan aja.  Tapi apa pun itu yang penting rasanya enak.  Sebenarnya ini hampir mirip dengan kolaknya kita, cuma singkong thailand pake gula putih dan dimasak agak lama sehingga teksturnya jadi kental, lalu disiram dengan kuah santan dan ditaburi wijen sangrai. Yummmmyyyy…..




Singkong Thailand
sumber: tabloid saji


Bahan:
1 kg singkong (potong-potong kotak kecil)
1200 ml air
¼ sdm garam
2 lbr daun pandan
170 gr gula pasir

Saus:
500 ml santan dari 1 btr kelapa
1 sdt garam
1 lbr daun pandan
1 sdm tepung sagu, larutkan dengan 4 sdm air

1 sdm wijen sangrai (tuk taburan)


Cara membuat:
1.    Rebus singkong bersama garam, daun pandan dan air sampai singkong empuk dan air berkurang.  Tambahkan gula dan masak lagi sampai meletup-letup dan gula larut.
2.    Saus: panaskan santan, garam dan daun pandan sampai mendidih sambil terus diaduk-aduk. Tambahkan larutan tepung sagu. Aduk terus sampai kental dan meletup-letup.
3.    Sajikan singkong bersama saus santan dan taburan wijen.


Note:  Jangan masukkan gula pasir pada rebusan singkong sebelum singkong benar-benar empuk, atau singkongnya gak bakal empuk.





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...