Pages

Rabu, 25 September 2013

Putri Salju Cokelat




Ini salah satu cookies yang saya buat lebaran kemarin.  Yep....ini artinya postingan telat ceritanya :p  karena sebenarnya memang saya gak punya rencana untuk posting resep kue kering lebaran saya.  Lagi pula kue kering yang saya buat juga bukan yang ‘aneh-aneh’, yang biasa aja kok…. Semisal kue kacang jadul, sagu keju, nastar, yang resepnya banyak beredar di internet dan beberapa juga sudah pernah saya posting di blog, kecuali putri salju cokelat ini.

Awalnya saya mencari resep putri salju di internet, dapat banyak memang… tapi rata-rata menggunakan kacang mede di dalam resepnya dan bukan ini yang saya cari.  Maunya saya resep putri salju yang gak pake kacang di dalamnya.  Setelah resep yang saya maksud gak ketemu di internet,  pencarian selanjutnya adalah koleksi buku-buku resep dan majalah-majalah kuliner saya.  Akhirnya resep yang saya cari ketemu di Majalah Sedap edisi lama, kue kering putri salju yang gak pake kacang tapi dimodifikasi dengan menambahkan cokelat bubuk.  Jadi resep itulah yang saya gunakan, dan di bawah ini adalah resep itu yang sedikit mendapat ‘sentuhan’ dari saya…. : )




Putri Salju Cokelat
Sumber: majalah Sedap ed. 9/IX/2008


Bahan:
120 gr butter
180 gr margarine
150 gr gula tepung
150 gr dark cooking chocolate, lelehkan
1 btr telur
500 gr terigu protein rendah
50 gr cokelat bubuk
1 sdt baking powder

Taburan:
Gula mint (gula donat)


Cara membuat:
1.    Kocok butter, margarine dan gula tepung 30 detik.  Masukkan DCC leleh.  Kocok rata.  Tambahkan telur, kocok rata.
2.    Masukkan terigu, cokelat bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3.    Giling adonan setebal ½ cm.  Cetak dengan cookie cutter.  Letakkan di loyang yang sudah dioles margarine.
4.    Oven 20 menit dengan suhu 160°C sampai matang. 
5.    Gulingkan di bahan taburan saat masih hangat.




Senin, 16 September 2013

Lapis Legit Kukus



Saya pernah bilang gak kalau saya punya semacam notes kecil berisi daftar makanan (cake, snack, masakan, dll) yang ingin saya buat? Well… saya punya.  Lapis legit termasuk salah satunya, tapi dengan sangat terpaksa saya tulis di urutan bagian bawah.  Alasannya ya banyak, mulai dari ketidaktegaan saya memakai telur segambreng untuk satu cake, proses pembuatannya yang lama, alasan kolesterolnya juga, dll, tapi yang paling utama sebenarnya adalah keterbatasan oven yang saya punya.  Saya cuma punya oven tangkring yang tidak punya api atasnya, sementara api atas sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan lapis legit agar cake matang sempurna dan bagian atasnya kecokelatan sehingga tiap layernya kelihatan.  Karena itu untuk sementara saya simpan dulu resep lapis legit panggangnya ya…. Sekarang kita membuat lapis legit kukus dulu.

Proses pembuatannya tetap seperti membuat lapis legit panggang, dituang dan dimatangkan selapis demi selapis. Hanya saja yang ini lapisnya tidak sebanyak yang dipanggang dan dibutuhkan taburan bumbu spekuk agar tiap lapisnya kelihatan.  Meski layernya sedikit, tetep aja kemarin saya gak sabar waktu membuatnya. Saya gak bagi 6 adonannya (seperti yang diminta resep), tapi saya tuang berdasarkan perasaan saja (jadinya malah 7 lapis), trus lapis yang bawah belum set saya sudah tuang adonan baru, jadinya ya adonannya nyatu dan gak ada lapisannya.  Coba lihat lapisan paling atas, lebih tebal, kan?  Karena adonannya nyatu dengan yang di bawahnya.  Jangan tiru saya ya! Patuhi resep supaya hasilnya bagus :-)



Lapis Legit Kukus
Sumber: majalah Sedap ed. 9/VII/2006


Bahan:
175 gr margarine (saya: 75 gr butter + 100 gr margarine)
6 kuning telur
2 putih telur
100 gr gula pasir
110 gr terigu protein sedang
15 gr tepung maizena
50 gr white cooking chocolate, lelehkan
1 sdt bumbu spekuk

Cara membuat:
1.    Kocok margarine sampai putih.  Campur dengan white cooking chocolate leleh.  Sisihkan.
2.    Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang.  Tambahkan tepung terigu dan maizena sambil diayak dan diaduk rata. 
3.    Tuang ke dalam adonan margarine & white cooking chocolate.  Aduk perlahan.  Bagi 6 adonan.
4.    Tuang 1 bagian ke loyang 18x18x4 cm yang dioles margarine dan dialas kertas roti.  Ratakan lalu taburi dengan bumbu spekuk dengan cara diayak.  Kukus selama 5 menit.  Tuang adonan lagi, taburi bumbu spekuk dan kukus lagi 5 menit.  Lakukan sampai adonan habis.  Terakhir kukus 10 menit.


Note: Setiap kali menuang adonan, aduk perlahan agar adonan kembali manyatu.





Senin, 09 September 2013

Meatlover Pizza



Di kulkas sedang ada banyak produk daging olahan.  Ada sosis sapi, smoked beef dan daging burger.  Niat awal saya sebenarnya ingin membuat spaghetti aglio olio meatlover (pakai ketiga macam daging tadi), tapi akhirnya berubah haluan jadi membuat pizza.  Soalnya spaghetti aglio olio sudah pernah saya buat dan posting di sini, sementara pizza kan belum.  Mumpung macam-macam daging untuk toppingnya sedang ada lengkap, jadi ya kapan lagi….

Namanya masih pakai embel-embel ‘meatlover’, soalnya topping yang dipakai daging semua dari berbagai (cuma 3, sih) macam olahan.  Resep kulit pizzanya saya contek dari Majalah Sedap sementara sausnya dari catatan buku resep saya (adaptasi dari beberapa resep).





Kulit Pizza:
500 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm ragi instan
325 ml air hangat
1 sdt gula pasir
1 sdm minyak zaitun
1 sdt garam

Topping (jumlahnya suka-suka):
Sosis sapi
Smoked beef
Daging burger
Keju cheddar
Keju mozzarella


Cara membuat:
1.      Larutkan ragi dan setengah bagian air hangat.  Tambahkan gula pasir.  Aduk rata.  Diamkan 5 menit.
2.      Campur terigu dan larutan ragi instan.  Uleni rata.  Tuang sisa air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
3.      Masukkan minyak zaitun dan garam.  Uleni sampai elastis.  Bulatkan.  Letakkan di baskom yang dioles dengan minyak zaitun.  Diamkan 1 jam.
4.      Kempiskan adonan, lalu bagi dua.  Bulatkan lagi.  Giling tipis setebal ½ cm hingga berbentuk bulat.  Letakkan di loyang datar yang dioles tipis margarine.  Tusuk-tusuk dengan garpu.
5.      Oven 5 menit dengan suhu 200°C.  Oles dengan saus.  Tabur topping.  Oven lagi 15 – 20 menit sampai matang.







Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...