Pages

Minggu, 24 November 2013

Coconut & Oatmeal Cookies



Rasa-rasanya hampir semua orang tahu tentang manfaat oatmeal untuk tubuh manusia.  Saya juga tahu, yang saya gak tahu adalah gimana caranya membuat bubur oatmeal yang enak dan edible buat saya.  Diolah jadi bubur gurih sudah, jadi bubur manis juga sudah, tapi tetap saja saya gak bisa menghabiskan satu mangkuk bubur oatmeal sampai tuntas.  Buat saya bukan masalah rasanya, tapi teksturnya yang lembek dan lengket itu yang sangat mengganggu.  Jadi akhirnya saya putuskan untuk mengolah oatmeal dengan cara lain saja.  Diolah menjadi cake, granola bars, cookies atau yang lain asal bukan bubur.   Dengan cara seperti ini saya bisa menikmati oatmeal dengan enjoy se-enjoy saya membuatnya :)

Saya bukan orang yang ahli mengutak-atik resep apalagi membuat resep cake atau cookies sendiri.  Penyesuaian yang paling sering saya lakukan dari satu resep adalah mengurangi atau menambah gulanya (paling sering mengurangi gulanya).  Nah, resep oatmeal cookies di bawah ini adalah ‘perombakan’ resep paling banyak yang saya lakukan, sampai saya lupa resep aslinya.  Sudah  beberapa kali saya buat dengan mengutak-atik beberapa bahan sesuai dengan ketersediaan bahan yang saya punya waktu membuatnya.  Seperti kemarin, karena saya masih punya sedikit kelapa kering sisa lebaran yang lalu, maka oatmealnya saya kurangi dan ganti dengan kelapa kering dengan jumlah yang sama.  Kalau dulu saya pernah membuat oatmeal raisin cookies yang chewy teksturnya, yang ini bisa dibilang versi crunchy-nya.  Saya suka keduanya, sama asiknya, sama enaknya….:)




Coconut & Oatmeal Cookies


Bahan:
125 gr tepung terigu
20 gr susu bubuk
¾ sdt baking powder
½ sdt baking soda
80 gr butter dingin
120 gr margarine
60 gr gula tepung
40 gr gula palem
1 btr telur
1 sdt vanilla bubuk
150 gr oatmeal
75 gr kelapa kering, sangrai sebentar
100 gr dark cooking chocolate, cincang kasar (bisa diganti cokelat chip)


Cara membuat:
1.   Campur terigu, susu bubuk, baking powder dan baking soda.  Ayak.  Sisihkan.
2.   Kocok butter dan margarine bersama gula tepung dan gula palem selama 3 menit sampai creamy.  Masukkan telur dan vanilli bubuk.  Kocok rata. 
3.   Tambahkan campuran tepung, aduk rata dengan spatula. Tambahkan oatmeal dan kelapa kering, aduk rata.  Terakhir masukkan dcc cincang, aduk sampai menyebar.
4.   Bulatkan adonan dengan bantuan dua buah sendok.  Taruh di loyang yang sudah dioles dengan margarine.  Pipihkan sedikit dengan punggung sendok.
5.   Oven dengan suhu 160°C selama 20 – 25 menit.







Sabtu, 16 November 2013

Chocolate Cheese Muffin



Belakangan ini saya sedang senang mencoba-coba resep dari dari Majalah Sedap dan buku – buku terbitannya.  Sebenarnya bukan cuma belakangan ini aja deh, tapi saya memang dari dulu senang dengan resep-resep di majalah ini terutama resep penganan manisnya.  Kalau membuat cake, cookies, dessert dan semacamnya memakai resep dari Majalah Sedap ini saya gak perlu mengurangi gulanya segala karena manisnya sudah pas dengan selera saya.  Bahan-bahan yang dipakai juga bahan yang biasa kita jumpai di supermarket atau toko bahan kue, jadi gak susah nyarinya.  Tambahan lagi makin kesini foto-fotonya juga makin keren deh….!  Hehee…kedengeran kayak iklan ya?  Gak kok, ini cuma pendapat pribadi saya aja dan saya gak dibayar buat nulis ini  (eh, tapi saya gak nolak kok kalau pihak Majalah Sedapnya kebetulan baca trus bayar saya karena udah nulis ini ;-) …ngareeep :p


Resep kali ini juga diambil dari salah satu buku keluaran Sedap.  Meski muffin ini dibuat dengan cara yang sama dengan muffin a la Amerika itu, tapi teksturnya beda.  Biasanya kan muffin yang dibuat dengan metode bahannya cemplung-cemplung semua (gak pake dikocok dengan mixer) teksturnya akan padat dan cenderung keras, tapi yang ini tidak seperti itu.  Teksturnya mirip cake (butter cake).  Enak deh pokoknya…. dan gampang juga membuatnya !



Chocolate Cheese Muffin
Sumber: Cantiknya Kue-Kue Mungil (Sedap)


Bahan I:
150 gr cream cheese
50 gr gula tepung
1 btr telur kocok lepas
¼ sdt air keruk lemon

Bahan II:
150 gr terigu protein sedang
25 gr cokelat bubuk
½ sdt baking powder
100 gr gula pasir halus (atau gula pasir biasa yang diblender)
¼ sdt garam (saya skip)
1 btr telur
100 ml susu cair
50 gr mentega tawar, lelehkan (saya pakai yang salted)
100 DCC, lelehkan.


Cara membuat:
1.   Bahan I: kocok cream cheese dan gula tepung sampai rata.  Tambahkan telur dan air lemon.  Kocok rata.  Sisihkan.
2.   Bahan II: ayak tepung terigu, cokelat bubuk dan baking powder.  Tambahkan gula pasir halus.  Aduk rata.  Sisihkan.
3.   Kocok lepas telur, susu cair dan mentega leleh.  Tambahkan DCC leleh.  Aduk rata.
4.   Tuang ke campuran terigu sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tuang ke cetakan muffin kecil yang dialas cup kertas.
5.   Sendokkan bahan I di tengahnya.  Buat marble dengan tusuk gigi.
6.   Oven 20 menit dengan suhu 190°C.







Sabtu, 09 November 2013

Cake Putih Telur



Buat teman-teman yang bakul kue seperti saya atau yang hobi membuat cake dengan memakai banyak kuning telur pasti punya masalah dalam memanfaatkan sisa putih telurnya.  Iya, kan?  Sebelum ini kalau ada sisa putih telur selalu saya bikin tumisan dengan sayur atau untuk memanir kroket dan risoles, udah.... itu aja.  Pernah saya coba membuat cake dengan putih telur, tapi kayaknya saya masih belum nemu resep yang pas karena hasilnya masih kurang enak.  You know lah gimana rasanya cake putih telur :)  Sama seperti pertamakali mencoba resep ini, saya pesimis kalau cakenya bakal enak.  Tapi saya gak punya pilihan lain untuk ngabisin putih telur yang segambreng itu.  Mau diolah dengan cara lama ya bosan juga lah.  Jadi akhirnya dieksekusi juga resepnya, dan saya jatuh cinta pada gigitan pertama dengan cake ini... :D  Segitu enaknya?  Ya....segitu enaknya!  Maksud saya....ini cake putih telur, kan?  Tapi gak berasa kayak cake putih telur.  Cake yang ini moist lho.  Yang makan kalau gak dikasih tau  cake ini telurnya cuma pakai yang putihnya saja mungkin gak bisa membedakan dengan cake biasa yang pakai telur utuh, bahkan yang dikasih tau sekalipun mungkin bakal gak percaya! :D  Seneng akhirnya saya nemu resep cake putih telur yang enak.  Masih ada lagi beberapa resep cake putih telur di buku ini yang inign saya coba.  Semoga semuanya enak juga.  

 
Saya punya sedikit catatan untuk cake ini.  Waktu membuat lapisan pertama (yang kuning), saya pikir cakenya bantat dan gagal karena  ketika saya keluarkan dari oven, meski teksturnya lembut tapi cakenya tidak mengembang seperti cake biasa (sponge atau butter cake), hanya setinggi adonan mentahnya.  Waktu membuat bagian yang cokelat kejadiannya begitu juga.  Jadi saya simpulkan memang begitulah tipikal cake yang terbuat dari putih telur.  Saya syukuri keputusan saya yang menggunakan loyang ukuran 20cm karena tinggi cakenya jadinya pas.  Kalau pakai loyang ukuran 22cm pungkin jadinya tipis banget.  Resepnya di bawah ini ya.... Buruan coba! 



Lapis Malang Putih Telur
Sumber: 20 Kreasi Putih Telur (Saji)


Bahan I:
200 gr putih telur
¼ sdt garam (saya skip)
1 sdt emulsifier
90 gr gula pasir
130 gr margarin, kocok lembut
6 tetes pewarna kuning
60 gr tepung terigu protein sedang
15 gr susu bubuk

Bahan II:
200 gr putih telur
¼ sdt garam (saya skip)
1 sdt emulsifier
90 gr gula pasir
40 gr terigu protein sedang
25 gr cokelat bubuk
½ sdt baking powder
130 gr margarin, kocok lembut
½ sdt cokelat pasta (saya skip)
40 gr selai stroberi untuk olesan (saya pakai selai aprikot)


Cara Membuat:
1.   Bahan I: kocok putih telur, garam dan emulsifier sampai setengah mengembang.  Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
2.   Tuang ke margarin kocok dan pewarna kuning sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
3.   Masukkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
4.   Tuang di loyang 22x22x4cm (saya pakai ukuran 20x20x4cm) yang dioles margarin dan dialas kertas roti.  Oven 30 menit dengan suhu 180°C sampai matamg.
5.   Bahan II: buat dengan cara yang sama dengan bahan I.  Tuang di loyang dengan ukuran yang sama.  Oven 35 menit dengan suhu 180°C.
6.   Ambil selembar cake, oles dengan selai, tumpuk dengan cake yang lain.  Padatkan.







Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...