Pages

Sabtu, 28 Desember 2013

Shepherd’s Pie



Beberapa waktu yang lalu toko bahan kue langganan saya ngasih sampel daun thyme dan rosemary kering masing-masing satu sachet kecil (baik atau pelit ni namanya ya…. maunya sachet gede dong ya.. :p).  Waktu itu yang pertamakali terlintas di kepala saya adalah bikin shepherd’s pie.  Pienya orang  Inggris ini pakai rosemary & thyme untuk seasoningnya.  Selama ini daun-daunan ‘bule’ yang saya tau dan sering pakai cuma oregano & basil aja, belum pernah ngerasain rosemary & thyme.  Beruntung banget akhirnya dapat gratisan meski cuma dikit :p  Lumayan lah untuk sekedar memuaskan rasa ingin tau :)


So, jadi apa itu shepherd’s pie?  Kalau mau diartikan bebas (sebebasnya) shepherd’s pie adalah pie-nya orang Inggris yang berisi daging (domba atau sapi) yang bagian atasnya ditutup dengan crust berupa puree kentang.  Buat yang pengen tau penjelasan selanjutnya silakan baca di sini.  Disitu juga ada penjelasan kenapa dinamakan shepherd’s (gembala) pie.

Kalau cari resep shepherd’s pie di internet pasti banyak, termasuk resep Inggrisnya asli (yang buat orang Inggris, maksudnya…),  tapi berhubung bahan yang mau saya pakai ini bahan baru buat saya, takutnya saya gak suka dengan selera mereka, maka saya memakai resp yang ada di buku resep terbitan Majalah Sedap aja.  Sering nyontek resep dari sini dan sering cocok.  Kayaknya lidah chefnya sama dengan saya :)  Sama seperti oregano dan basil yang gampang diterima oleh lidahnya orang Indonesia, sepertinya rosemary dan thyme juga begitu.  Saya suka rasanya.  Gak aneh samasekali.  Kedua bahan ini ngeblend dengan cantik di saus dagingnya.  Shepherd’s pie ini enak, saya sudah bikin dua kali.  Ntar kalau dapat rosemary & thyme gratisan lagi mau bikin lagi ah….! :)  Bukannya pelit, tapi kalau beli sebotol selain mahal saya juga gak yakin bisa menghabiskannya sebelum tanggal kadaluarsanya sampai.  Sayang kan kalau sampai mubazir.  Saya taunya dan sukanya makanan yang pakai rosemary & thyme sampai saat ini cuma pie ini aja ...:p




Shepherd’s Pie
Sumber: Buku ‘Kue-Kue Sajian Pesta’ (sedap)


Bahan
Isi:
3 siung bawang putih, cincang kasar
1 bh bawang bombay, cincang kasar
400 gr daging sapi giling
2 bh (200 gr) tomat, buang biji, potong kotak
½ bh paprika hijau, potong kotak kecil (saya gak pakai)
100 gr jamur kancing (saya pakai jamur champignon segar, iris tipis)
1 sdt thyme
1 sdt rosemary
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
½ sdt merica bubuk
250 ml air
2 sdm tepung terigu & 3 sdm air, larutkan sebagai pengental
Minyak untuk menumis

Kulit (puree kentang):
400 gr kentang, kukus & haluskan
50 gr susu bubuk
50 gr mentega asin (saya pakai margarine)
2 kuning telur
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
100 gr keju cheddar, parut (tambahan dari saya)

1 kuning telur untuk olesan


Cara membuat:
1.   Isi: tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.  Masukkan daging giling.  Masak sambil diaduk sampai berubah warna.
2.   Tambahkan tomat dan paprika hijau.  Masak sampai layu.  Tambahkan jamur, thyme, rosemary, garam, gula dan merica bubuk.  Aduk rata.  Tuang air.  Masak sampai mendidih dan meresap.
3.   Kentalkan dengan larutan tepung terigu.  Masak sampai kental.  Tuang ke pinggan tahan panas yang sudah dioles margarine.  Sisihkan.
4.   Kulit: campur jadi satu semua bahan kulit, aduk rata.  Tuang ke pinggan tahan panas yang sudah ada bahan isi, ratakan.  Oles dengan kuning telur.
5.   Oven 45 menit dengan suhu 190°C.







Selasa, 17 Desember 2013

Pineapple Upside-down Cake



Ini ni cake yang setiap saya mau bikin batal terus.   Satu hari saya pernah sudah niat banget mau bikin, trus saya nitip sama ibu buat beli nenas di pasar.  Tapi ternyata setelah dikupas nenasnya aseeem banget, akhirnya dibikin  rujak :p.   Dilain hari ibu pulang dari pasar membawa 2 buah nenas, kata ibu yang jual bilang nenasnya pasti manis.  Lebih manis dari yang sebelumnya memang, tapi gak cukup manis untuk dibikin cake.   Akhirnya si nenas ‘disulap’ jadi selai….hehee.  Sampai akhirnya saya berhenti mikirin ini cake karena susah banget dapatin nenas yang manisnya cukup untuk dibuatkan cake.  Saya berhenti tapi ternyata ibu saya gak, karena kemarin ibu beli lagi 2 buah nenas yang kelihatannya bagus banget.   Kuning cantik dan matanya sudah berjauhan, kata yang jual itu tanda nenas yang matang di pohon.  Satu dikupas dan ternyata memang manis, jadi kami makan begitu aja, gak pake dijadikan rujak atau selai nenas lagi :)  Satunya lagi saya eksekusi untuk bikin cake ini.  Thanks, Bu…!


Kalau kita lihat di internet banyak macam buah yang bisa dibuat cake model jungkir-balik a.k.a upside-down ini.  Ada yang pakai buah peach, pear, cherry, fig (tiin), pisang juga bisa, bahkan ada yang buat pakai ubi ungu (ini bukan buah ya..:) ).  Pokoknya suka-suka yang bikin deh…!  Apa….? Pakai buah durian….?  Saya belum nemu tuh ada yang pakai buah durian.  Ada yang berani eksperimen….?  Hehehe…..

 
Untuk topping nenasnya, supaya rasanya makin asik sebelum disusun di dasar loyang terlebih dahulu saya campur dengan gula palem yang dimasak sebentar dengan butter.  Sementara cakenya adalah cake model butter cake yang resepnya saya ambil dari buku keluaran Saji.  Resepnya seperti di bawah ini…. Enak Banget!


Pineapple Upside-down Cake


Bahan:

Topping nenas:
1 bh nenas matang
32 gr gula pasir
38 gr gula palem
2 sdm butter
2 sdm air

Cake:
80 gr butter dingin
120 gr margarine
120 gr gula pasir halus
4 btr telur
180 gr terigu protein sedang
¼ sdt baking powder


Cara membuat:
1.   Topping nenas: kupas nenas, buang matanya, potong-potong bulat, lalu cuci.  Buang bagian tengahnya dan potong empat.  Sisihkan.
2.   Campur gula, butter dan air dalam panci kecil.  Panaskan dengan api sedang sampai mendidih.  Tuang ke Loyang 22 x 22 x 4 cm yang sudah dialasi alumunium foil.  Tata nenas.  Sisihkan.
3.   Cake: kocok butter, margarine dan gula sampai lembut.  Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu, kocok rata. 
4.   Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata.
5.   Tuang ke loyang yang sudah berisi susunan nenas.  Oven dengan suhu 180°C selama 30 – 35 menit sampai matang.
6.   Keluarkan cake dari loyang setelah agak dingin.







Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...