Pages

Minggu, 26 Januari 2014

Cake Putih Telur 2 : Chiffon Pisang



Ternyata chiffon cake putih telur bisa sama enaknya dengan yang memakai telur utuh.  Seperti chiffon cake pisang yang satu ini, beneran sama enaknya dan sama lembutnya kayak chiffon cake biasa.  Nambah satu lagi koleksi resep saya untuk menghabiskan putih telur yang kayaknya gak habis-habis (ada pesanan cake artinya stok putih telur nambah lagi).  Semoga nanti dapat lagi resep yang oke, ya…. :)

Chiffon cake pisang ini sebenarnya polos-polos aja, gak pake frosting maksudnya.  Saya aja yang sedang rajin pake dikasih frosting whipped cream dan keju cheddar parut.  Jadi lebih mantap rasanya.  Trus, karena saya gak punya pasta cokelat (sampai sekarang saya masih belum nemu pasta cokelat yang enak rasanya, teman-teman ada yang tau merk pasta cokelat yang enak? Sharing infonya, dong….), saya bikin pasta sendiri dengan mencampur 1 sdt cokelat bubuk dengan sedikit air, tapi kayaknya kurang banyak karena setelah dicampur adonan warnanya jadi pucat.  Oke, segitu aja dulu ya…. Sampai jumpa di postingan berikutnya, ciao…!


Chiffon Pisang Putih Telur
Sumber: majalah sedap ed. 9/XIII/2012


Bahan:
75 gr santan kental instan
150 gr pisang ambon, haluskan
80 gr minyak goreng
120 gr tepung terigu protein rendah
½ sdt baking powder
20 gr gula pasir
300 gr putih telur
½ sdt garam
1 sdt cream of tar tar (saya pakai 2 sdt air jeruk nipis)
100 gr gula pasir
½ sdt cokelat pasta


Cara membuat:
1.   Campur santan dan pisang.  Blender sampai lembut.  Tambahkan minyak goreng.  Aduk rata. 
2.   Tuang di atas campuran terigu, baking powder dan gula pasir sambil diaduk perlahan.  Sisihkan.
3.   Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis sampai setengah mengmbang.  Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang (soft peak).
4.   Masukkan ke dalam campuran pisang sambil diaduk rata.
5.   Ambil 250 gr adonan.  Tambahkan cokelat pasta.  Aduk rata.
6.   Tuang kedua adonan bergantian ke dalam cetakan chiffon cake.
7.   Oven dengan suhu 170°C selama ± 55 menit hingga matang.  Segera tangkupkan di atas mulut botol (kalau loyangnya punya kaki langsung tangkupkan saja tanpa bantuan botol) sampai kue dingin.  Keluarkan dari loyang.







2 komentar:

  1. Hai mba.. ijin praktekin resepnya yaa.. ini utk loyang ukuran brp ya? Btw pasta coklat yg enak merk toffieco mba. Si toffieco ini utk pasta rasa apapun ataupun rhum, make dikit aja sdh wangiiii bgt. Salam kenal dari Surabaya mba..

    BalasHapus
  2. Hai juga, Mbak Neva :) Silakan dicoba resepnya. Semoga suka. Saya pakai loyang diameter 21 cm. Toffieco ya, Mbak? Ntar deh coba dicari di tbk sini, mudah-mudahan ada. Thanks ya infonya :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...