Pages

Sabtu, 22 Februari 2014

Cake Putih Telur 3: Lapis Kopi Kukus



Assalamu’alaikum, semuanya.  Apa kabar?  Semoga baik, ya?  Alhamdulillah saya baik, sehat dan sedang happy..:)  Kelompok pengajian ibu saya mengadakan acara rihlah ke Prapat dan ibu meminta saya untuk ikut menemaninya.  Wuhuuu….ada lagi alasan buat ‘kabur’ sebentar dari Medan…hehehe.  Karena itu saya gak akan berlama-lama ya….  Mau packing soalnya!


Ini cake putih telur berikutnya yang mau saya sharing ke teman-teman, terutama yang punya banyak stok putih telur.  Masih dari buku ’20 Kreasi Putih Telur’.  Resep yang saya tulis di bawah ini adalah 1 ½ kali dari resep aslinya yang cuma memakai 200 gr putih telur.  Well, segitu dulu ya untuk hari ini.  Salaaam….   


Lapis Kopi Kukus


Bahan:
300 gr putih telur
¼ sdt garam halus
187 gr gula pasir        
1 ½  sdt emulsifier
45 ml air kopi (dari 3 sdm air panas + 1 ½ sdm kopi instan), dinginkan
180 gr tepung terigu protein sedang
23 gr susu bubuk
75 gr margarine
3/4 sdt cokelat pasta

Cara membuat:
1.   Kocok putih telur, garam, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang.  Masukkan air kopi.  Kocok rata.
2.   Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
3.   Masukkan margarine leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
4.   Bagi 2 adonan.  Satu bagian ditambahkan cokelat pasta.  Aduk rata.
5.   Tuang ½ bagian adonan kopi di loyang 18x18x7 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarine.  Kukus 5 menit dengan api sedang.  Tuang ½ bagian adonan cokelat.  Kukus 5 menit.  Lakukan sampai 4 lapis.  Terakhir kukus 15 menit sampai matang.






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...