Pages

Selasa, 04 Februari 2014

Chocolate Creamcheese Loaf Cake



Pertamakali saya membuat cake ini sekitar 1 tahun yang lalu, ya… udah lama banget.  Karena itu saya lupa bagaimana tekstur dan rasa cake ini sebelum saya membuatnya lagi minggu kemarin.  Yang ada dalam ingatan saya adalah cake ini enak dan karena itulah resepnya saya tulis ulang dan saya masukkan ke daftar koleksi resep-resep saya.  Di buku catatan saya itu saya biasa memberi catatan tambahan sebagai pengingat pada setiap resep yang saya coba, baik itu resep yang saya dapatkan dari internet maupun resep dari majalah.  Catatannya biasanya tentang apakah rasanya terlalu manis, keasinan (masakan), hambar, atau apakah waktu memanggangnya perlu ditambah, atau loyangnya yang saya konversikan ke yang lebih kecil atau lebih besar sehingga jumlah adonannya juga disesuaikan, atau pada saat yang sama saya pakai cokelat merk baru dan ternyata rasanya gak enak maka saya akan tulis gede-gede dan pake huruf capital ‘COKELAT MERK ‘A’ GAK ENAK. JANGAN PERNAH BELI MESKI KOKO YANG PUNYA TBK BILANG ENAK AND DIA KASIH DISKON !!!!!!!’, ataaau cakenya bantat alias gagal, kalau yang ini gak akan saya catat, saya cari resep yang lain….:)

Kembali ke resep ini, karena saya gak memberi catatan tambahan pada resep yang saya tulis di buku ini maka saya membuatnya seperti resep aslinya, dan ternyata cakenya kemanisan di lidah kami sekeluarga. Tapi cake ini enak dan moist, enak banget malah kalau seandainya gak kemanisan. Nanti kalau bikin lagi akan saya kurangi gulanya.  Untuk mengimbangi manisnya cake adik saya punya caranya sendiri, dia makan cake ini dengan ditemani kopi.  Karena saya gak begitu suka kopi, saya temani cake ini dengan secangkir teh tawar hangat….hmmmm.  Oya, resepnya saya ambil dari blonya Mbak Dita Salmiya, tapi sayang blognya sudah ditutup.  Thanks ya mbak, sharing resepnya.



Chocolate Creamcheese Loaf Cake

Bahan:

A (adonan creamcheese)
250 gr creamcheese
60 gr gula pasir halus
1 btr telur
1 sdt vanilla bubuk

B (adonan cokelat)
180 gr butter (saya pakai 100 gr butter + 80 gr margarine)
150 gr gula pasir halus
3 btr telur
3 sdm cokelat bubuk
120 gr tepung self raising (saya pakai tepung terigu biasa)
1 sdt baking powder
2 sdt vanilla (bubuk)

Cara membuat:
1.   Bahan A: kocok cramcheese dan gula sampai lembut.  Tambahkan telur dan vanilla bubuk.  Kocok rata.  Sisihkan.
2.   Bahan B: campur dan ayak terigu, baking powder dan cokelat bubuk.  Sisihkan.
3.   Kocok gula dan butter sampai lembut.  Masukkan telur satu per satu.  Kocok rata.  Masukkan campuran tepung secara bertahap sambil dikocok rata.
4.   Tuang setengah bagian bahan B (bahan cokelat) di loyang loaf ukuran 24x9x7 cm yang sudah dialasi kertas roti, lalu tuang semua adonan A (adonan keju) diatasnya, lalu tuang lagi sisa adonan B.  Ratakan.
5. Oven dengan suhu 180°C selama 45-50 menit atau sampai matang.
 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...